6 hal melibatkan konsumen dalam bisnis kita

6 hal melibatkan konsumen dalam bisnis kita

bisnis yang berhasil adalah bisnis dimana konsumennya ikut melibatkan diri dalam bisnis anda. dalam hal ini adalah konsumen diarahkan untuk juga memikirkan hal yang teknis tentang bisnis anda.

hal ini salah satu yang menjadi perbedaan bisnis hari ini dengan bisnis sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini.

sebagai contoh : siapa yang memperhatikan kinerja dari mitra gojek dalam hal ini pengemudi, apakah ada orang yang memperhatikan kerja mereka (seperti manager misalnya) atau pengendara yang menjadi penilainya? jawabannya dapat kita jawab dengan mudah, pengemudi yang memberi bintang sebagai tanda bahwa pengemudi bagus, bagus kalau konsumen puas akhirnya yang dapat tip/bonus adalah pengemudi.

lanjut ke bagaimana marketplace seperti tokopedia atau bukalapak berkembang, penjual akan berlomba memberikan pelayanan paling prima, mulai dari info produk, packing, sampai ketepatan pengiriman. bila pelanggaran (seperti barang tidak sampai, atau rusak) terjadi uang tidak akan di teruskan ke penjual, pembeli tetap aman.

perusahaan kurir hari ini pun demikian, dulu ada istilah mengirim uang dengan kurir plat merah sampainya tidak tepat waktu, kalau barang hilang susah klaimnya. sekarang barang rusak, anda diganti 2 kali lipat bahkan di tambah gratis biaya-biaya lainnya.

pengalaman teman mengirim barang tapi ke gigit tikus, diganti 2 kali lipat nilai barang plus gratis ongkir untuk pengiriman selanjutnya.

begitulah konsumen di era digitalisasi, cocok dengan ungkapan zaman batu, pembeli adalah raja, gagal memberi pelayanan gagal juga anda jadi berjualan.

lalu kembali ketopik diatas, bagaimana melibatkan konsumen selain contoh diatas dalam membuat bisnis kita terus berkembang :

1# berikan kotak saran digital ,atau review setiap barang yang anda jual

ya konsumen butuh akan pelayanan yang prima, anda tidak dapat memperhatikan setiap karyawan anda satu persatu, wal hasil. teknologi membuat semuanya menjadi lebih mudah dan efisien.

sediakan website dengan alamat yang jelas, selain itu kirimkan hasil kerja anda melalui email, atau anda sediakan media sosial untuk menampung setiap keluhan mereka.

dahulu kita punya call center untuk membantu menangani keluhan pelanggan, walaupun masih digunakan namun, langkah yang lebih efektif adalah menyediakan kotak saran, kuisioner digital menggunakan google form juga dapat anda lakukan. kirimkan email kemereka, atau bila perlu anda sediakan bintang untuk melihat berapa score yang anda dapat.

semua anggota tim menjadi termotivasi tentunya, dan bisnis anda benar-benar mampu melibatkan karyawan anda dengan baik.

2# biarkan konsumen memilih

salah satu kesuksesan dari go food adalah efisiensi dan yang terpenting adalah konsumen bebas memilih sesuka hatinya, tidak ada barier atau batas antara konsumen dan penjual.

dahulu pembeli harus mengisi biodata sebelum mengantar barang seperti makanan siap saji, sekarang hal itu sudah mulai ditinggalkan, konsumen sudah meninggalkan titik pada map handphone mereka dan anda dapat mendekati jarak konsumen dengan cepat.

untuk formulir anda bisa mengirimkan bertahap, supaya konsumen tidak bosan atau jenuh.selain itu konsumen yang diberi kebebasan memilih akan mendapatkan kepuasan dan akan menyebabkan mereka mengajak teman terdekatnya atau setidaknya menginformasikan perusahaan anda pada mereka.

3# crowdfunding Contest

crownfunding contest semacam teknik perusahaan untuk mengumpulkan ide, dana, atau karya yang mendukung terhadap pengembangan bisnis anda sendiri.

perhatikan bagaimana sayembara dilakukan tidak lain dan tidak bukan adalah agar konsumen anda ikut memikirkan solusi dari permasalahan anda sendiri.

sembari berpromosi konsumen juga akan semakin mengenal bisnis anda dan akan terlibat dalam bisnis anda secara tidak langsung.

ada contoh menarik, seorang penulis buku membuat sebuah buku yang menurutnya bagus,sembari menyelesaikan bukunya, ia kemudian menghubungi orang-orang terdekatnya, beriklan di media sosial dan melakukan seminar.

ia tawarkan pre order untuk bukunya, walhasil ternyata pembacanya menjadi sangat tertarik dengan buku yang dibuatnya. waw, penjualannya meningkat pesat, pesanan buku berdatangan. akhirnya ia punya ongkos cetak untuk bukunya sekaligus menghidari resiko semisal bukunya tidak laku dan sebagainya. itulah salah satu contoh crowndufunding yang ada, sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya.

4# membuat media sosial anda terintegrasi

media sosial yang terintegrasi adalah jaringan yang anda buat terhadap bisnis anda antar akun media sosial anda sehingga memudahkan konsumen mengenal bisnis anda lebih jauh.

saat ini teknologi membantu seseorang untuk menemukan benda yang diinginkannya hanya dari foto tanpa keterangan gambar. tokopedia dan bukalapak yang saya tahu sudah melakukan hal tersebut.

anda juga dapat langsung mengupload produk anda dari instagram, sangat mudah mengintegrasikan misalnya instagram dengan media sosial lain bahkan ke website anda sendiri.

bila anda menangkap peluang ini dengan cara mengkaitkan segala lini bisnis anda dalam lini media sosial yang terintegrasi, bukan tidak mungkin akan membantu meningkatkan bisnis anda sendiri.

itulah keterlibatan konsumen yang dapat anda lakukan pada bisnis anda, semoga bermanfaat.
saya coba menuliskan konten bisnis online atau bisnis daring yang bermanfaat untuk anda dalam website ini. saya mengambil referensi dari luar dan dalam negeri, perpaduan ini saya tulis kembali dalam artikel yang saya buat ini.

About Imam Punarko 161 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*