27 Tips Penting Strategi Pemasaran menggunakan Media Sosial

27 Tips Penting Strategi Pemasaran menggunakan Media Sosial

Strategi Pemasaran saat ini, menjadi sesuatu yang berharga untuk memasarkan sebuah branding produk, promosi personal sampai perusahaan, mengedukasi pasar, dsb.

banyak cara melakukan pemasaran menggunakan media sosial, namun bila langkah dan cara yang dilakukan tidak efektif atau tidak sesuai dengan perkembangan zaman bisa jadi 100 percobaan akan kalah dengan satu percobaan yagn menggunakan cara yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna media sosial.

baca juga: cara membuat toko online

Louis Myers membagikan cara nya dengan 27 cara pemasaran sukses menggunakan media sosial :

1. bagikan konten berharga

Konten adalah hal yang menjadi keseluruhan ide yang disalurkan kepada khalayak untuk menjadi referensi, masukan, pendidikan dan hal lainnya. semua orang bisa membuat konten, namun konten yang berkualitas tidak semua orang bisa membuatnya. untuk itu dibutuhkan adanya perencanaan, latihan, dan pencarian wawasan agar sebuah konten menarik untuk di lihat dan dibaca.

diera digital ini konten seakan menjadi ruh, dan viral adalah hal yang dicari sebagai bentuk popularitas. dari konten tersebutlah anda dapat memanfaatkan keberhasilan sebuah konten untuk di tarik pada kegiatan bisnis seperti promosi dan penjualan.

2. jangan cuma promosi

Promosi merupakan kegiatan yang penting terutama untuk anda yang serius menjual sebuah produk. tapi setahu hanya sedikit orang yang hobi menghambur-hamburkan uang, sebagian besarnya akan berfikir dulu untuk apa mereka membayar sebuah produk.

untuk itu, dalam mengelola media sosial kita, usahakan tidak melulu berpromosi. bagi porsi konten media sosial anda, misal 80 persen edukasi 20 persen promosi. sehingga para follower anda masih melihatnya sebagai kewajaran.

3. posting yang anda tertarik membacanya

memastikan follower tertarik dengan apa yang kita tulis adalah, kita memang tertarik membacanya. kadang perlu membaca sendiri apa yang kita tulis untuk mendapatkan gambaran seberapa menarik tulisan anda, atau masih ada yang harus di perbaiki.

bila anda sendiri memang tertarik dengan hal tersebut, bukan tidak mungkin maka orang lain juga akan suka membacanya.

4. Buat judul yang menarik

judul begitu penting dalam sebuah posting baik itu foto atau sebuah artikel. media sosial memberikan tampilan yang diharapkan oleh pengguna. sehingga postingan biasa pun dengan otomatis akan di tampilkan secara proporsional oleh media sosial tersebut.

jadi yang membedakan itu semua salah satunya adalah judul anda, ramu judul anda semenarik mungkin dan seinformatif mungkin bagi pembaca anda, dengan begitu konten anda semakin tinggi kemungkinannya untuk dibaca.

5. Proporsi yang tepat

buat beranda anda memiliki proporsi yang tepat, informatif dan tidak membuat pembaca anda bingung atau tersesat. jadikan media sosial sesuatu yang dapat diakses dan menggunakan proporsi tampilan yang tepat dan enak dipandang mata.

postingan yang sedikit namun diatur dengan baik, justru lebih mendatangkan follower dibandingkan dengan posting yang banyak namun tidak tertata rapi.

6. Memberikan update berkala

buatlah update secara berkala pada media sosial, tidak harus setiap hari, namun harus ada waktu yang ditetapkan entah seminggu sekali atau sebulan sekali.

kadang kita melihat para pemilik media sosial berpengaruh mengeluarkan permohonan maaf bila telah melakukan update. membuat updating terhadap media sosial menghindari kekecewaan follower dan membuat follower tidak meninggalkan anda.

7. Jadikan Follower merasa penting

Pepatah mengatakan “pembeli adalah raja” tidak sepenuhnya sesuai tapi cukup menggambarkan begitu pentingnya sebuah pelayanan. kepada pembeli saja seperti itu, bagaimana dengan orang yang menjadi follower kita.

negara barat menggambarkan pentingnya jaringan pertemanan atau follower dengan pepatah ” Teman mu isi dompetmu”, semakin banyak follower semakin banyak isi dompet seseorang. dan hari ini pepatah ini berlaku di era digital seperti sekarang ini.

8. Mengikuti Komunitas

mengikuti komunitas membuat anda tidak out of date, wawasan anda bertambah, semangat anda tak mudah down. komunitas menjaga kita tetap konsisten dan bersemangat. carilah komunitas yang sesuai dengan niche anda. jadilah anggota komunitas yang aktif dan memberikan kontribusi didalamnya supaya anda benar-benar merasakan manfaatnya.

jika belum menemukannya, anda bisa berinisiatif mengumpulkan follower anda untuk menjadi anggota komunitas anda. dengan begitu anda akan terus punya konten baru untuk berkarya.

9. menyesuaikan diri dengan keahlian anda

memantaskan diri dengan keahlian yang sedang anda geluti, akan meningkatkan orang untuk semakin percaya pada anda. dan bukan tidak mungkin akan mereferensikan media sosial anda kepada orang lain.

membuat orang menyakini bahwa kita memang benar-benar yang mereka harapkan bukanlah hal yang mudah. untuk itu menyesuaikan diri anda dengan keahlian anda merupakan hal mendasar sebelum membangun on process dalam mengembangkan media sosial anda.

baca juga : menerapkan pembuatan media sosial

10. Promosikan Sosial Media

Memulai media sosial walaupun anda sebelumnya orang yang sering muncul diacara televisi atau bersuara di radio tidak menjamin anda akan langsung sukses di media sosial. promosi menjadi cara agar anda dapat masuk kedalam channel milik orang orang lain mempromosikan siapa diri anda.

promosi kadang di butuhkan namun dengan porsi yang tepat, untuk itu perlu perencanaan promosi yang baik untuk media sosial yang anda miliki.

11. Memasarkan gaya hidup

para pemilik media sosial berpengaruh kadang perlu sekali waktu memasarkan gaya hidup untuk dapat menarik perhatian para konsumen sekaligus produsen untuk mengambil keputusan mengadakan perjanjian dengan anda agar brandnya masuk dalam media sosial ada.

bahkan para influencer hampir seluruh yang melekat didirinya adalah hasil sponsor atau endorse. namun, sebelum itu anda modal yang harus dikeluarkan sebelumnya untuk mendapatkan hasil seperti itu.

12. Rutin Memberi Respon dan menjawab komentar

respon membuat pengikut anda merasa dihargai, membuat mereka semakin tertarik dengan media sosial anda dan terus meningkatkan eksistensi akun anda.

perhatikan bagaimana sekarang respon rutin dilakukan bahkan oleh orang-orang yang sudah populer sekalipun. mereka memberi respon karena popularitas mereka didapat dari follower mereka. jadi siapapun kita, merespon media sosial kita menjadi hal yang harus rutin kita lakukan.

13. konsisten memperbaiki konten

Memperbaiki konten anda setahap demi setahap, terus belajar mendapatkan info terbaru yang mendukung perbaikan konten anda akan meningkatkan kemampuan anda dalam hal pengelolaan media sosial.

konsistensi memang sesuatu yang tidak mudah, sebab memulai dan menjaga konsistensi adalah yang menentukan kesuksesan media sosial yang anda kelola. sayangnya tidak semua orang bisa konsisten mengelola media sosialnya.

14. eksperimen konten

buat eksperimen kecil-kecilan di media sosial anda, menjaganya tidak kosong atau sepi. komentari banyak hal yang sedang viral atau sekedar memanfaatkan menyapa diwaktu-waktu pagi dan sore ketika orang sedang pulang beraktifitas akan menjadi masukan untuk anda mencari tempat terbaik untuk melakukan konten. beberapa manfaat dari eksperimen konten diantaranya adalah :

  1. mengetahui waktu terbaik upload konten
  2. mengetahui siapa yang sering komentar
  3. konten seperti apa yang menarik
  4. apa peluang yang bisa dimanfaatkan untuk konten anda
  5. menambah follower tentunya

15. fokus pada channel

channel yang anda kelola harus dalam fokus anda, berapa channel yang mampu anda kelola adalah hal yang penting. terlalu banyak channel akan membuat anda malah tidak fokus dan kemudian kehilangan kualitas konten anda.

fokus pada 1 channel, dan bila sudah dirasa baik, baru anda dapat menambah ke channel yang lain. hal ini lebih baik dibandingkan dengan anda harus membuat banyak channel.

16. mencoba teknologi baru

media sosial semacam instagram, facebook, bahkkan aplikasi e-commerce seperti lazada dan blibli, serta tokopedia , bukalapak,dan shopee. mereka selalu mengalami pembaharuan dari waktu kewaktu, kadang tanpa ada pengumuman terlebih dahulu.

untuk itu dibutuhkan updating dari waktu ke waktu, jadi teknologi baru harus terus dipelajari, kemudian aplikasikan dalam media sosial anda, sehingga media sosial anda terlihat lebih kekinian.

17. mengkreasikan merek secara profesional

membuat merek terlihat berkualitas saat ini tidak harus mengeluarkan biaya mahal. bila anda cukup ahli desain anda dapat mengkreasikannya di adobe photoshop atau corel draw. namun kalau anda belum mengerti tentang desain grafis aplikasi seperti canva.com akan sangat membantu anda mencari ide untuk merek anda. contoh dibawah ini menggambarkan bagaimana proses pembuatan merek secara profesional dapat dilakukan dengan mudah.

18. Membahas Lintas Niche

niche atau ceruk merupakan fokus pembahasan topik pada satu tema yang dijalankan. melakukan pembahasan pada satu topik memang penting namun bukan berarti kita menutup topik lain dalam pembahasan kita.

rehat sejenak dengan topik lain membuat media sosial anda semakin baik dimata follower anda. anda dapat dapat membahas hal-hal lain seperti joke, atau inspirasi.

19. jangan melayani setiap orang

pengguna media sosial tentu tidak seluruhnya menyukai apa yang ada buat, kadang ada saja yang memberi kritik bahkan kadang memberikan komentar yang kurang baik.

bukan berarti kita menjadi anti terhadap media sosial, melainkan kita harus menunjukkan kelayakan kita. fokuslah hanya pada orang yang anda anggap membantu anda meningkatkan promosi dan penjualan anda sendiri.

20. gunakan media periklanan

membuat iklan dan mengiklankan media sosial anda membantu anda meningkatkan media sosial anda dengan ramainya follower anda. sertakan link anda pada media periklanan yang ada seperti membuat iklan pada influencer orang lain atau hanya melampirkan link media sosial anda pada kegiatan youtuber anda atau aktifitas lainnya.

21. bekerjasama dengan influencer

influencer berpengaruh besar membawa arus pengunjung pada media sosial yang anda kelola. bekerjasama dengan para influencer misalnya ketika anda jadi narasumber mereka, anda juga bisa meminta mereka jadi narasumber anda. dengan begitu anda dapat meningkatkan media sosial anda.

22. membuat kontes dan even

buatlah kontes dan even di media sosial anda, buat kontes untuk memberi komentar. kadang kita dengar ada istilah ” komentar terbaik akan mendapatkan hadiah”. ini contoh bagaimana kontes dari media sosial anda. selain itu anda juga dapat memberikan informasi even atau buat acara kumpul bareng dengan follower anda.

23. berikan discount

diskon kadang menarik terutama bagi kaum wanita, berikan discount dan tidak harus berupa uang, kadang potongan harga pelatihan atau 100 orang pertama mendapatkan hadiah merupakan contoh discount pada media sosial yang kita kelola.

24. mengerti apa yang biasa di share nitizen

pahami topik yang anda bahas, apa yang dibahas nitizen untuk itu mulailah belajar bagaimana memahami

25. menulis artikel berkualitas

semakin baik artikel yang kalian buat, akan membantu media sosial anda di kunjungi oleh banyak orang dan ini memberikan kesempatan bagi anda untuk terus mengexplorasi diri.

26. buat foto menarik dan berkualitas

belajarlah fotografi dengan cara mengikuti mereka para fotografer profesional. kenali juga photo editing yang dapat meningkatkan foto anda yang akan anda share di media sosial.

27. tahu apa yang anda inginkan, anda akan bertemu siapa yang anda ingin targetkan.

kenali diri anda, dan anda sendiri akan mendapatkan siapa target anda sebenarnya.

Penutup

27 Tips Penting Strategi Pemasaran menggunakan Media Sosial membantu anda meningkatkan tampilan media sosial anda. bukan tidak mungkin akan membantu anda meningkatkan pendapan anda dari promosi dan penjualan anda. terapkan satu persatu secara konsisten sesuai tanggal di bulan anda untuk memastikan media sosial anda semakin hari semakin baik.

About Imam Punarko 191 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*