kendala terbesar mengembangkan website/blog

kendala terbesar mengembangkan website/blog

Memiliki website dan mengembangkannya merupakan impian banyak orang, terlebih website merupakan sesuatu yang amat sangat dibutuhkan saat ini, mengingat perannya yang sudah sangat besar bagi kehidupan banyak orang.

teknologi membantu orang untuk menyelesaikan hidupnya, semakin baik sebuah konten dibuat dalam website terutama dalam membantu menyelesaikan masalah hidup seseorang, maka website itu akan semakin baik.

contoh sederhana facebook, facebook menyelesaikan masalah hidup seseorang terutama dalam mencari teman, dan berkenalan, sarana komunikasi dan sharing, bahkan untuk berjualan dan mengembangkan bisnis.

facebook dianggap menyelesaikan banyak orang sehingga facebook begitu terkenal hingga hari ini.

apakah facebook yang pertama, tentu tidak.

sebab dahulu ada friendster yang begitu merajai blog personal saat itu. kenapa sekarang sudah tidak kita dengar? sebab friendster tidak seperti facebook yang sangat mudah dalam penggunaannya atau istilahnya user friendly.

inti dari semua pengembangan ini adalah bagaimana ide kita ada disana. idelah yang membuat facebook, google, adobe dan perusahaan besar lainnya.

mengapa mereka sukses mengembangkan websitenya? sebab mereka menempatkan masalah sesuai dengan step-stepnya.

maksudnya. bila anda ingin membuat perusahaan yang sama seperti facebook, jangan terlalu jauh berfikir bagaimana membuat tampilan seperti itu, atau bagaimana menyediakan server dan pendanaannya. mereka berfikir dan mempelajari semuanya setahap demi setahap dan konsisten.

selanjutnya, saya akan menggambarkan bahwa website sekarang ini begitu banyak, hanya sedikit yang mampu terkenal dan digunakan banyak orang. jawabannya ada diatas mengapa mereka masih digunakan.

tapi, buat sebagian kita ternyata membuat website itu tantangan tersendiri, agar websitenya bisa bermanfaat dan digunakan banyak orang serta mendatangkan keuntungan pada salah satu ujung ceritanya.

saya coba bahas satu-persatu ya, semoga mendatangkan manfaat dan masukan berharga untuk saya khususnya dan umumnya pembaca sekalian.

#Mencari Keyword/Niche yang tepat

ketika pertama kali saya membuat website, saya banyak membaca banyak artikel untuk menambah pengetahuan saya. ternyata dalam membuat website dibutuhkan adanya niche atau keyword yang tepat agar website bisa leading di pencarian google no. 1.

hari ini kita sedang bersaing dengan para SEO (Search Engine Optimization) yaitu orang yang berusaha menempatkan website mereka pada pencarian pertama.

pada dasarnya penempatan website diurutan pertama ditentukan oleh google sebagai pemilik. nah para ahli SEO ini mencoba mencari cara melalui Keyword dan tools lainnya agar websitenya dilihat banyak orang. keuntungannya apa? tentu akan sangat banyak. selain akan di lihat pengunjung website juga akan memberikan manfaat maksimal pada pembacanya.

untuk itu banyak orang yang kemudian terkendala mencari niche/keyword yang tepat agar websitenya didatangi oleh pengunjung.

lalu bagaimana mencari niche atau keyword yang tepat?

saya biasa menggunakan keywordtool.io

yang umum menggunakan keyword planner, tujuannya hanya agar penggunaan kata yang digunakan tepat sebab, bisa jadi pencarinya tidakĀ  ada, sayang juga buat website tidak ada yang baca.

namun bila memang kita biasa menulis, kita bahkan bisa mendatangkan pembaca sendiri. nah itu tergantung bagaimana kita membangun konten pada website kita. kesimpulannya niche penting namun kesungguhan dan kerajinan kita dalam membangun website itu lah yang utama.

#Menulis Konten

Menulis konten adalah tantangan selanjutnya bagi orang-orang yang membuat website. menulis konten agar website kita bisa terus mendatangkan konten yang bermanfaat bukanlah hal yang mudah.

para penulis di website harus rajin membuka wawasannya.

artinya harusnya penulis website tidak seperti tikus yang mati dilandang gandum. karena memang konten di internet itu tidak ada habisnya.

usahakan lakukan langkah berikut dalam mencari konten buat website anda :

  1. luaskan pencarian, misal cari artikel dari luar negeri kemudian tulis dan modifikasi.
  2. terus mempelajari satu konten hingga benar-benar memahami
  3. lakukan terus penyempurnaan pada artikel yang dibuat.
  4. aktif bersosialisasi dengan satu komunitas.

masih banyak lagi hal dapat kita lakukan untuk mencari konten, artinya memang menulis website atau membuat blog adalah hal yang sangat dinamis, bisa jadi hari ini kita punya referensi untuk menulis website, namun bisa jadi kedepan orang akan mengambil referensi dari kita.

baca juga : ternyata begini pemikiran youtuber sukses

#Mencari Waktu Produktif

menjadi websiter atau blogger membutuhkan waktu khusus terutama dalam mengupdate artikel pada website kita. sebab, mengelola website membutuhkan keseriusan tersendiri, mengingat tingginya persaingan website untuk mendapatkan ranking pertama.

bagi website yang dikelola dengan budget besar, mereka rata-rata dapat memposting ratusan sampai ribuan artikel. namun tentu artikel itu biasanya lebih kepada kejar tayang dan deadline perusahaan.

untungnya bagi website personal masih diuntungkan dengan tajamnya kualitas pembahasan dalam sebuah artikel. maka bila anda seorang personal web, alangkah baiknya anda memberikan nilai lebih/add value pada setiap tulisan anda.

waktu luang tidak harus sabtu dan minggu yang identik waktu keluarga. sediakan waktu 2 sampai 4 jam pada hari-hari tertentu bagi anda seorang pekerja. akan meningkatkan website anda tampil lebih baik.

mulai sekarang bahas satu topik dengan fokus pada waktu yang sudah anda sepakati pada diri anda sendiri. hasilnya akan anda rasakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

#Belajar Memulai menulis

kendala selanjutnya adalah memulai menulis, bagi para blogger baru tentu memulai menulis adalah sesuatu yang sulit, apalagi semakin banyak kata yang terkandung dalam satu buah artikel akan semakin unggul pada pencarian google.

memang hal tersebut adalah jangka panjang, untuk itu biasakan menulis satu paragraf atau satu artikel secara rutin. sedikit demi sedikit, lama kelamaan waktu dan kata yang akan anda hasilkan akan semakin beragam.

baca juga : bisnis online yang layak dicoba.

#Terlalu banyak informasi yang diterima

informasi pada satu sisi amat sangat di butuhkan, namun kadang untuk pemula terlalu banyak informasi yang didapat malah membuat kita tidak melakukan apa-apa.

bagi kalian yang baru memulai membuat website akan bertemu dengan banyak informasi.

apalagi dunia bisnis online begitu menggiurkan sebab menampilkan prestasi dan penghasilan yang besar.

ingat mereka membangun bukan dengan sesuatu yang instan.

kadang memang seperti mudah mendapatkan uang dari internet sehingga banyak yang mulai mencobanya namun akhirnya berakhir pada kegagalan.

gak masalah sih asal segera bangkit, namun bagi beberapa orang malah jadi kecewa dan meninggalkan dunia online lalu hanya menjadi follower.

tentukan satu titik terlebih dahulu, praktekkan dan terus memperbaiki celah-celah kesalahan. dari pada mau mencoba semua hal sekaligus.

#Bagaimana mendapatkan pengunjung

pengunjung adalah orang yang mendatangi dan melihat isi website kita. bagi para blogger pembaca adalah asset yang berharga. banyak orang sudah menulis banyak namun ternyata tidak banyak yang membacanya.

pembaca akan datang melalui serangkaian rekayasa yang kita buat seperti menggunakan teknik SEO, atau dengan melakukan share di media sosial.

ada juga penulis yang menulis hal-hal yang baru terjadi dan sedang hangat diperbincangkan agar dapat pengunjung.

namun akhirnya websitenya jadi gado-gado.

untuk itu buat satu niche yang kamu bisa kerjakan bila kamu tidak bayar sekalipun, kamu menyukainya seperti menyukai diri kamu sendiri.

bila ingin membahas artikel yang sedang hangat diperbincangkan, kaitkan dengan niche website kita.

baca juga : Iklan PPC menggunakan google adwords

#membangun link Building

saingan terbesar bagi blog personal adalah website yang sudah besar punya link building yang bagus. apa itu link building, semacam referensi dalam buku yang sering kita baca. semakin banyak referensi semakin bagus. selain itu website besar rata-rata banyak dishare orang lain sehingga websitenya dapat muncul di 10 pencarian pertama.

wah. trus website kita gimana?

untuk itu, kita harus sering share website yang kita kelola, belajar membuat link building dan terus buat artikel berkualitas.

pada dasarnya website seperti alat jaring ikan bila kita ingin menangkap ikan yang besar tentu kita harus memperkuat jaring dan memperbesar jaring. kalau kuat diibaratkan artikel dan link building seperti jaring maka website kita tentu harus memiliki keduanya agar mendapatkan tangkapan yang maksimal. begitu juga sebuah website.

semoga share ini bermanfaat, saya masih belajar bagaimana menjadi seorang website handal, dan itu butuh proses. siapa yang rajin dan berkemauan kuat yang akan berhasil di belantara internet.

wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *