Merancang Iklan Online

Merancang Iklan Online

merancang iklan online

Pada dasarnya merancang iklan online adalah langkah membuat tampilan yang menarik bagi pengguna internet. Iklan online saat ini begitu beragam, sehingga bukan hanya pemahaman bagaimana melakukan bisnis online, namun juga bagaimana sebuah tampilan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan dalam pembelian. Bab ini akan membahas bagaimana merancang iklan online yang dapat di terima oleh pengguna internet, dan dapat mendatangkan benefit/keuntungan bagi individu mapun perusahaan.

merancang iklan online

#pengertian Iklan Online

Pada pemasaran online, iklan online merupakan bagian utama dari perkembangan website dan konten pada internet. Lantaran iklan online banyak orang berlomba-lomba mendapatkan traffic/arus pengunjuk di websitenya. Website yang paling lama di kunjungi dan sering akan mendapatkan keuntungan yang tidak sidikit. Perhatikan bagaimana perusahaan di abad 21 menjadi bisnis raksasa, sebagian besar dari mereka adalah website yang di kelola secara online. Contoh yang paling nyata adalah facebook, amazon, dan youtube, mereka banyak mendatangkan traffic sehingga iklan online sebagian besar dipasang pada website  mereka.

Definisi Iklan

Iklan (advertising) berasal dari bahasa yunani, yang artinya kurang lebih adalah menggiring orang pada gagasan. Secara umum iklan adalah semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang dan atau jasa nonpersonal yang dibayar oleh sponsor tertentu. Secara umum iklan merupakan penyajian informasi personal dan non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko dengan mengeluarkan kompensasi biaya tertentu.

Menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Menurut Rhenald Kasali, iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media namun demikian, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, ikaln lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.

Iklan menurut KBBI adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan

baca juga : keuntungan mempelajari bisnis online

Definisi Iklan Online

Iklan online adalah suatu pesan mengenai produk, jasa, atau pun acara, yang ditempatkan di media online/digital dengan tujuan untuk promosi. Media online bisa bermacam-macam, seperti media sosial, website, toko online, dan lain-lain. Iklan online sendiri merupakan upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar. Iklan olnlin juga bisa di gambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jasa lewat dunia maya, yang tujuannya tidak lain adalah untuk meraih keuntungan dari kegiatan penjualan.

#Jenis-jenis Iklan Online

Iklan online dengan iklan offline memiliki bentuk yang hampir sama dengan iklan off line. Sebagai gambaran pernahkah anda menonton acara sepakbola ditelevisi, dimana iklan bermacam-macam dalam satu pertandingan sepakbola, dari iklan yang disampaikan oleh pembawa acara, iklan jeda pertandingan, iklan ketika terjadi goal, iklan ketika ada yang cedera, iklan ketika kick off, dsb. Contoh lain iklan ketika anda berkendara, banyak terdapat iklan yang dapat kita temui, iklan billboard, iklan video tron, iklan pamflet yang dibagikan dipinggir jalan, spanduk, reklame, dan banyak lagi.

Iklan online hampir sama secara isi dan kontennya dengan iklan offline, hanya saja iklan online terjadi ketika kita berselancar di dunia maya. Iklan-iklan tersebut berselancar bebas dimata kita ketika kita sedang mencari informasi ketika menggunakan internet, sebagai contoh iklan yang muncul sebelum menonton video di youtube, ketika membuka facebook atau instagram, iklan pop up, iklan adsense, CPC (Cost Per Click), CPM (Cost Per Impression), dll.

Beberapa Jenis iklan online dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

Direct Advertising

Direct Advertising merupakan iklan yang langsung dipasang kedalam sebuah website lantaran kerjasama antara kedua belah pihak yang melakukan kesepakatan. Direct Advertising terjadi lantaran pihak perusahaan yang ingin memasang iklan dengan pemilik website yang menyediakan space/ tempat beriklan pada websitenya. Direct Advertising biasanya berada diatas sebuah web dan tempat khusus yang disediakan oleh pemilik website.

merancang iklan online

gambar : contoh dari direct advertising

baca juga : memulai bisnis online bagi pemula

Self-Service Advertising

Self-Service Advertising merupakan iklan yang dibuat sendiri oleh si pengiklan, dimana pengiklan dalam melakukan pemilihan kata-kata dan editing gambar secara mandiri dan sesuai keinginan dan tempat yang disediakan. Contoh iklan ini adalah Google Ads Word dimana iklan yang dihasilkan adalah iklan yang dibuat sendiri oleh pengiklan.

merancang iklan

Gambar : Self-Service Advertising pada Google Adsword adalah contoh iklan yang dibuat sendiri oleh pengiklan

ad networks

Ad Networks adalah jaringan iklan yang menghubungkan antara pengiklan dengan pemilik website. Pengiklan akan mencari blog atau website yang memiliki pengunjung yang tinggi, kemudian pengiklan akan menawarkan penawaran untuk memasangkan iklannya di blog atau website tersebut. Iklan Ad Networks biasanya digunakan oleh pengiklan yang menyasar banyak sebesar mungkin kalangan sehingga iklan tersebut dapat dilihat banyak orang dan dengan biaya murah. Dahulu Gojek melakukan hal ini pada awal promosi, dan yang sering kita lihat handphone keluaran terbaru akan banyak melakukan iklan dengan metode ini. Salah satu penyedia Ad Network adalah iblogmarket.com.

merancang iklan online

Gambar : contoh penawaran Ad Network pada situs iblogmarket.com penawaran dan permintaan iklan bertemu.

Contextual Advertising

Contextual Advertising adalah iklan yang ditampilkan pada website atau blog secara otomatis sesuai dengan konten yang relevan dengan iklan yang ditayangkan. Misalnya pengiklan mendaftarkan iklannya pada penyedia layanan, lalu penyedia layanan mencari website yang tepat untuk dipasangkan iklan tersebut. Contoh Contextual Advertising saat ini adalah google Adsense.

merancang iklan online

Gambar: contoh contextual Advertising pada Google Adsense.

In-Text Advertising

In-text advertising adalah sistem periklanan secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.

Ad Network Optimization

Ad Network Optimization adalah Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh yang paling sering kita temukan adalah iklan pada tokopedia dan bukalapak, banyak para penjual barang namun ada yang dioptimalkan di bagian awal ketika membayar iklan.

merancang iklan online

Gambar : contoh ads network optimization pada marketplace tokopedia.

Rep Ad Agencies

Rep Ad Agencies merupakan website berupa Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion

merancang iklan online

Gambar : Rep Ad Agencies melalui Federated media yang memudahkan perushaaan besar melakukan promosi secara optimal di website.

baca juga : peluang bisnis online di Indonesia

Social Advertising

Social Advertising merupakan iklan yang ditampilkan pada sosial media yang umum digunakan di masyarakat dengan menampilkan konten-konten yang dimoderasi sesuai dengan kebutuhan pengiklan. Social Advertising adalah salah satu iklan yang paling efektif sebab sesuai dengan karakteristik pemilik akun. Contohnya : Instagram Ads atau facebook ads.

merancang iklan online

Gambar : iklan Facebook Ads dari salah satu perusahaan dunia adidas, merupakan contoh dari Social Advertising

Video Advertising

Video Advertising adalah iklan yang ditargetkan pada konten video yang akan disaksikan, iklan sendiri ditayangkan sebelum, antara atau akhir penayangan konten video.  Terdapat berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh dari video advertising adalah youtube ads.

merencanakan iklan online

Gambar : Youtube ads menampilkan video iklan berbayar sebelum video yang diinginkan tayang

RSS Advertising

RSS Advertising adalah Iklan yang ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. RSS Feed dapat di temukan pada klasifikasi sebuah iklan yang ditayangkan pada penyedia konten. Bagi yang sudah biasa menggunakan marketplace seperti tokopedia anda dapat menemukannya pada RSS Tokopedia.

merencanakan iklan online

Gambar : Feed pada tokopedia dimana didalamnya berisi barang yang pernah kita beli dan kita lihat.

baca juga : ini cara meningkatkan CPC pada google adsense

  1. #PERBEDAAN ANTARA IKLAN TRADISIONAL DENGAN IKLAN ONLINE

Perusahaan selama ini menggunakan media periklanan tradisional, dimana iklan cenderung menggunakan biaya yang mahal dan memakan waktu lama. Selain itu, iklan tradisional berkaitan dengan aspek legalitas seperti pajak sehingga kontan hanya perusahaan besar yang dapat melakukannya. Sementara itu, iklan tradisional yang selama ini ada hanya bisa diakses secara terbatas dan syarat yang rumit, dalam iklan online lebih mudah dalam proses pemasangan iklan. Terlepas dari itu plus dan minusnya iklan tradisional dan iklan online masih sangat efektif digunakan pada era sekarang ini. Tabel menunjukkan beberapa perbedaan antara Iklan Tradisional dan iklan Online.

Tabel : perbedaan Iklan tradisional dan iklan online

merencanakan iklan online

sekian dulu diskusi terkait tema Merancang Iklan Online. semoga bermanfaat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *