cara merancang website sendiri

cara merancang website sendiri

siapa yang tidak ingin memiliki sebuah website? apalagi website tersebut bisa terkenal dan banyak digunakan orang-orang. siapa tahu bisa besar seperti bukalapak.com dan tokopedia.com bahkan sampai lazada. mereka awalnya juga tidak langsung besar seperti sekarang ini. perlu adanya kerja keras hingga mereka bisa besar seperti sekarang ini.

namun, banyak orang kesulitan mencari cara merancang website sendiri yang paling optimal.namun, kembanyakan gagal berkembang lantaran tidak punya cara yang efektif untuk membuat website.

sebagian besar orang yang saya tanya merasa sangat mudah membuat website, padahal sebelumnya mereka gak yakin bisa membuat website.

alasannya karena dalam membuat website mereka memikirkan masalahnya dulu, padahal bila perancanaan benar maka website akan dapat dibuat dengan baik.

berikut tips cama membuat rancangan website yang baik :

#mempersiapkan nama domain

  • domain tidak panjang

Domain yang panjang akan sulit untuk diingat dan dihafal oleh pengguna, sebab banyak sekali domain yang dikenal oleh publik dan hanya sedikit sekali yang bisa dihafalkan. Domain juga harus merupakan perpaduan antara domain yang merupakan perpaduan yang mudah diingat oleh pengguna. Contohnya lebih baik singkat tokopedia.com yang mudah diingat dibanding tokomurahsekalidijakarta.com

  • nama domain mudah diingat

Mudah diingat artinya katanya sesuai dengan apa yang pengguna inginkan, domain yang mudah diingat akan membantu para pencari dengan tujuan dari kita membuat website. Domain tanpa panduan dengan huruf vokal seperti facebook, tiket.com, niaga.com, dll mereka domain yang amat mudah diingat, dibandingkan dengan jdx.com atau sessys.com kurang familiar dan rentan salah pengetikan.

  • keyword tidak berlebihan

Domain yang terbaik adalah domain yang pendek, mudah diingat dan mengandung petunjuk atas website kamu. Kata-kata yang efektif pada keyword domain adalah hal yang sangat penting dalam mendukung website anda. Biasanya orang Indonesia yang belum paham akan hal ini lebih suka menggunakan keywords (kata kunci) untuk nama domain mereka. Sebagai contoh : traveloka.com identik dengan keyword travel atau jalan-jalan.

  • domain dan brand sesuai

Kesesuaian domain dan brand akan mendukung website anda semakin baik, orang akan membuka website yang tertuju langsung dengan sebuah brand. Bila menjual sepatu maka kata yang digunakan tidak jauh dari istilah sepatu itu sendiri misalnya: sepatuku.com

#mempersiapkan housting website

Hosting adalah tempat dimana nama domain memiliki konten website, tanpa hosting domain hanyalah sebuah nama tanpa fungsi lain. Jika domain adalah alamat maka Hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah untuk website, isi dari hosting adalah data-data dari website kamu dan semuanya disimpan di dalam hosting.  Dengan adanya hosting kamu dapat mengupload data file toko online seperti foto produk, logo, tulisan dan semacannya sehingga data tersebut dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

baca juga :mengevaluasi dan merancang website

#menentukan segmen pasar

  • Topik yang dibahas

Perhatikan bagaimana sebuah website dibuat, mereka biasanya tidak menggarap semua hal didunia ini, kecuali itu website wiki seperti Wikipedia.org. bila sumber daya masih terbatas, apalagi belum punya karyawan alangkah baiknya bila kita menjual barang sesuai dengan hobi atau minat kita membuat website, sehingga untuk mengisi konten kita tidak akan mengalami kesulitan.

  • Identitas calon pembaca

Perhatikan identitas calon pembaca anda, apakah saat ini banyak pembacanya atau masih sedikit. Calon pembaca adalah yang paling mengetahui apa yang paling dibutuhkan, membaca komentar pada blog atau website orang lain akan membantu kita mengetahui siapa yang membutuhkan website kita dan apa keinginan utamanya. Bila sudah mengetahui akan semakin mudah membuat sebuah website yang bagus.

  • Gaya tulisan

Gaya tulisan akan memudahkan seseorang untuk membuat websitenya dikenal. Tentu gaya tulisan yang baik akan membuat pembaca betah berlama-lama pada website kita. Bagi para pemerhati Search Engine Optimization (SEO) tentu gaya bahasa yang baik juga amat dibutuhkan agar sebuah website dapat muncul pada awal pencarian google.com. gaya penulisan akan semakin baik seiring intens nya seseorang dalam dunia penulisan.

cara merancang website

Gambar : gaya penulisan website harus sering dilatih agar website semakin baik. (sumber : https://pabrikartikel.com/gaya-penulisan-artikel-yang-ramah-pembaca/)

baca juga : menerapkan pembuatan website

  • Desain dan logo persuasive

Desain dan logo yang mengajak orang untuk datang kewebsite juga merupakan hal yang penting. Tidak semua orang dapat mendesain website yang baik, bila belum mampu dapat membuat tampilan website yang sederhana terlebih dahulu. Contoh website yang sederhana namun kuat dalam desain dan persuasive adalah medium.com, website ini sederhana dan diminati banyak penulis blog lantaran tampilannya sederhana

Gambar : contoh desain web yang memberi kesan persuasif atau mengajak.Sumber : https://www.hitsss.com/kepuasan-konsumen-dan-kpi-perusahaan-menjadi-parameter-majunya-startup-ruangguru-com/

sekian dulu diskusi kali ini terkait cara merancang website sendiri semoga teman-teman bisa segera punya website dan memberikan manfaat yang banyak untuk orang lain.

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *