Menerapkan Pemasaran Online Menggunakan Email

Menerapkan Pemasaran Online Menggunakan Email

Menerapkan Penggunaan Email

Dasar dari bisnis yang sukses adalah komunikasi, salah satu komunikasi yagn terpentinda lam bisnis adalah komunikasi dengan melakukan prospek dan mengetahui calon pembeli kita. Sebagai penjual kita tentu tidak bisa menebak-nebak siapa yang akan membeli produk kita, pembeli produk adalah orang yang terus kita lakukan komunikasi kepadanya disadari atau tidak oleh si konsumen.

Komunikasi yang baik dan efektif, secara berkala akan meningkatkan penjualan dan mendatangkan nilai positif bagi bisnis yang kita jalani. Ketika membeli produk, kita akan mencari penjual yang ramah, komunikatif, atau yang suka marah-marah bahkan mendiamkan kita? Pasti kita akan jawab yang ramah dan komunikatif. Sama hal nya dengan bisnis di internet, kita sebagai penjual harus rutin membangun komunikasi dengan prospek danĀ  calon pembeli produk kita.

Bagaimana cara membangun komunikasi dengan calon pembeli produk kita? Salah satu yang paling efektif dalam memasarkan produk kita adalah melalui email marketing. Sebab diera yang semakin canggih sekarang ini seseorang tentu memiliki email dan nomor telepon. Kedua hal ini adalah sesuatu yang lumrah di temui di era milenial. Email marketing jadi cara jitu melakukan pemasaran. Seperti apa email marketing bekerja? Silahkan simak materi selanjutnya.

Pengertian email marketing

Email marketing merupakan cara pemasaran (marketing) lewat media email. Email marketing adalah metode pemasaran yang sangat komunikatif dan begitu memudahkan anda berkomunikasi dengan prospek calon pembeli. Email marketing mengatur sedemikian rupa agar komunikasi kepada calon pembeli dapat dilakukan secara personal ( people to people) namun juga massif ( menjangkau wilayah yang luas).

Kalau kita membuka email kita tentu kita akan mendapatkan banyak kiriman dalam email kita. Bahkan kadang kita tak menyadari bahwa ternyata email kita di jadikan target pasar oleh orang lain, ketika kita mendaftar facebook, instagram, twitter, youtube, dll. Secara sadar kita memberikan email untuk dapat mendaftar dan tergabung dalam website tersebut, awalnya kita merasa beruntung dapat pengingatan dari website tersebut. Begitulah sedikit email marketing bekerja, dan kita bisa melakukannya jika orang lain juga bisa. Hanya tentu kita perlu menambah wawasan tentang itu.

Komponen email marketing

Email marketing memiliki kompenen yang harus di siapkan sebelumnya agar promosi produk dapat berjalan dengan baik. Komponen-komponen dalam email marketing diantaranya adalah :

  • Si pemasar atau pemilik email

Pemasar dan pemilik email adalah komponen yang penting dalam email marketing. Semakin banyak email yang dimiliki dan semakin baik seorang pemasar membuat konten berpengaruh terhadap keberhasilan penjualan produk dan jasa.

  • Penerima atau calon konsumen

Penerima dalam hal ini adalah orang yang mempunyai email dan bersedia untuk mengikuti update dari pembuat konten. Konten yang bermanfaat akan mendukung dan mempertahankan para penerima konten marketing kita sekaligus para calon konsumen.

  • Alat pengirim pesan (autoresponder)

Alat pengirm pesan amat sangat beragam, banyak web yang menyediakan fasilitas pengiriman email marketing kita. Sehingga bagi anda yang ingin mengembangkan usaha tidak ada salahnya fokus pada salah satu layanan, dalam bab ini kami akan menggunakan mailchimp.com selain gratis kontennya juga lengkap.

  • Website landing page

Website adalah muara dari semua promosi yang diadakan, semakin baik website sebagai landing page juga akan mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

  • Bonus atau informasi untuk diberikan kepada prospek kita.

Tidak selamanya orang akan tergiur dengan promosi yang kita berikan, memberikan bonus merupakan salah satu cara menarik konsumen untuk segera mungkin mengambil keputusan pembelian.

Kelebihan email marketing

Email marketing memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis internet marketing lainnya. Kelebihan-kelebihan menggunakan email marketing diantaranya adalah :

  • Biaya murah

Email marketing cenderung menggunakan biaya terjangkau dan dana yang dapat disesuaikan. Hanya bermodal email gratis dan autoresponder anda sudah dapat membuat pemasaran memanfaatkan email marketing untuk kemajuan bisnis anda.

  • Jangkauan yang luas

Seperti kita ketahui bersama bahwa internet menjangkau hampir seluruh pelosok di dunia. Sementara email adalah alat yang paling dasar dalam berselancar di internet. Sebagai contoh pengguna handphone wajib memiliki sebuah email dan itu adalah peluang email marketing yang masih terus berkembang.

  • Tertarget

Email marketing dapat kita targetkan kepada jenis usia, peminatan ,dan hobi. Para pengguna email secara rutin memiliki kebiasaan dan habit baik dalam komunitas dan tempatnya berkarir. Email senantiasa membaca aktifitas seseorang dan ini dapat menjadi target tersendiri untuk memasarkan website atau produk.

  • Sistem bekerja 24 jam

Internet bekerja setiap saat 1x 24 jam, tidak seperti manusia yang butuh istirahat internet selalu terbuka dan dapat di schedule. Mengirim email marketing terbaik antara jam 7 malam sampai jam 9 malam. Pengiriman terbaik ini dapat kita atur agar email kita dapat di baca oleh target dan tidak masuk kedalam spam.

  • Pengelolaanya mudah

Email cenderung mudah digunakan, sebab pengguna internet dapat menggunakan internet. Artinya email adalah website yang friendly dengan pengguna. Sehingga siapapun dapat dengan mudah memanfaat email marketing apalagi untuk bisnis.

Konsep email marketing

Sebelum kita membahas apa itu autoresponder dan website landing page kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu konsep email marketing dan cara kerjanya. Bila di persempit kegiatan email marketing dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Membuat orang memberikan emailnya

Awalnya kita memberikan apa yang mereka inginkan. Usahakan sebelumnya kita mengetahui apa target pasar kita dan mengetahui umpan apa yang akan di makan seandainya kita meminta email mereka. Sebagai contoh : produk kita adalah alat olah raga spesifik jersey pemain sepakbola. Target pasar yang di bidik adalah mereka yang suka mengikuti perkembangan berita tentang sepak bola.

Ketika sudah mengetahui apa yang diinginkan para pencinta sepakbola selanjutnya supaya mereka mau memberikan email atau bergabung langkah yang dilakukan adalah memberikan hadiah berupa Majalah kumpulan berita liga eropa secara gratis dan Cuma-Cuma atau memberikan video cuplikan goal di liga dunia.

Syarat yang diberikan adalah mereka diminta mengirimkan email dan kita akan memberikan hadiah. Sebelumnya mereka diminta memasukkan email dan nomor telepon untuk di kirimkan e-book atau video secara gratis.

  • Melakukan promosi

Penjaringan bagi siapa saja yang mengharapkan berita sepakbola akan masuk kedalam database yang telah kita persiapkan sebelumnya. Namun, promosi dapat dilakukan secara perlahan, artinya jangan sampai mereka merasa informasi yang kita sampaikan hanya informasi yang tidak bermanfaat.

Promosi akan semakin efektif seandainya kita sudah dapat memberikan manfaat kepada mereka dan memberikan informasi produk yang kita jual secara terus-menerus dan persuasif (ajakan).

  • Prospek rutin

Seseorang yang sudah mendaftarkan emailnya kepada kita secara otomatis akan terus berada dalam target promosi kita. Ada tiga jenis informasi yang bisa kita kirimkan secara rutin ke target konsumen yang kita tuju diantaranya adalah :

  • Informasi yang berhubungan dengan minat pelanggan
  • Informasi akan suatu peristiwa tertentu (usahakan sesuai minat bakat mereka)
  • Analisis mengenai produk yang kita pasarkan seperti manfaat, kelebihan, dan diskon menarik.

Penerapan Email Marketing

Autoresponder

Autoresponder adalah alat yang bisa mengirim email secara otomatis kepada orang-orang yagn mendaftar (sign up) untuk menerima informasi dari kita. Autoresponden diperlukan untuk mengirim email marketing secara terus-menerus dan massif kepada target konsumen yang sudah mendaftarkan emailnya. Fungsi autoresponden diantaranya adalah :

  • Mencatat orang yang mendaftar

Autoresponden mencatat siapa saja yang berminat dengan melakukan subscribe. Autoresponder dapat melakukan list secara mandiri tanpa dibuat secara manual hanya tinggal mengatur dengan sendirinya autoresponder akna bekerja maksimal mendata setiap email yang mendaftar.

  • Memasukkan email kedalam list

Setelah seseorang mendaftar untuk mengikuti email marketing kita. Autoresponder akan melakukan list dan mengklasifikan sesuai dengan instruksi pengelola atau admin.

  • Mengirimkan pesan-pesan email marketing

Email marketing dapat mengirimkan pesan-pesan secara mandiri setelah mensetting schedule yang dibuat. Sehingga email akan terkirim kedalam list yang sudah terdaftar.

  • Menjadwal pengiriman promosi

Promosi harus dilakukan dalam kondisi yang paling berpotensi mewujudkan visi sang pembuat promosi. Sebagai contoh bila target adalah ibu rumah tangga maka akan baik email dikirm saat ibu rumah tangga baru selesai melaksanakan aktivitas rutin misal jam 10 sampai 12 siang. Autoresponder membantu penjadwalan pengiriman.

Autorespoder sangat berguna bagi perusahaan besar untuk melakukan pemasaran secara efektif, untuk itu jarang sekali autoresponder yang gratis dapat ditemui. Tetap ada saja autoresponden yang gratis yang dapat kita temui dengan melakukan searching pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll. Salah satu penyedia layanan autoresponder gratis adalah mailchimp.com, yang menyediakan autoresponder yang bagus dan gratis. Fitur autoresponder juga cukup lumayan mendukung email marketing yang sedang kita pelajari.

Website landing page

Website landing page sama hal nya seperti website biasa kita temui ketika kita berselancar di dunia maya. Perbedaannya landing page berfungsi untuk menangkap data pengunjung ( email dan nama) untuk selanjutnya pengunjung mendapatkan informasi secara rutin dari autoresponder yang kita kirimkan.

Website landing page ini sangat dibutuhkan dalam email marketing, dimana website landing page inilah kita akan mengajak orang lain mendaftar masuk kedalam list kita. Dapat disimpulkan web landing page yang akan kita buat nanti merupakan formulir yang bersifat daring/online yang kita pasarkan melalui internet untuk kemudian ditindak lanjuti dalam kegiatan pemasaran produk dan jasa.

Contoh kasus :

Ada sebuah perusahaan yang bernama CDNow. CDNow adalah perusahaan online yang bergerak di bidang musik retail. Pelanggan dapat mendaftarkan diri mereka pada situs web CDNow untuk mendapatkan berita music secara berkala ataupun penawaran khusus. Pada waktu pelanggan mengisi formulir yang terdapat di situs web tersebut, mereka dapat mengisi pilihan seperti musik apa yang mereka sukai? jenisnya, dan frekuensi komunikasi via email yang mereka hendaki perminggu atau perbulan.

Karena itu secara tetap, tentu CDNow mengirimkan pesan-pesan program email marketing personalisasi berdasarkan informasi ini. Jadi antara CDNow dengan konsumen mereka terjalin komunikasi yang erat dan biak, sehingga penjualan pun bisa didongkrak.

 

  • Bahan Email marketing

Konsumen yang kita harapkan mendaftar dan menjadi member dari email yang telah sudah disiapkan, tentu dibutuhkan adanya e-book sebagai bonus dalam menjaring target konsumen kita agar bersedia memberikan emailnya. Banyak ditemui cara membuat e-book dan video tutorial yang sekarang dapat kita manfaatkan untuk mendukung email marketing kita. Pastinya semakin menarik bonus yang diberikan tentu akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mendaftarkan emailnya.

 

semoga bermanfaat, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *