Menerapkan SEO Off Page

Menerapkan SEO Off Page

Menerapkan SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page

SEO atau Search Engine Optimization pada dasarnya adalah upaya untuk menaikkan rating pencarian pada mesin pencari seperti Google,Bing, Yahoo, dll. Selama website berada pada urutan utama tentu banyak keuntungan dari website tersebut diantaranya adalah banyak di datangi oleh pengunjung, visi dan misi dari website akan lebih optimal, mendatangkan keuntungan baik material maupun immaterial.

SEO dibagi menjadi 2 bagian yaitu SEO On Page yang sudah dibahas pada BAB sebelumnya dan SEO Off Page yang akan dibahas pada Bab ini. SEO Off Page adalah Teknik mengoptimalkan kunjungan pada website dengan melakukan serangkaian promosi yang dilakukan melalui website atau blog orang lain. Cara-cara promosi di website atau blog orang lain adalah dengan cara-cara melakukan SEO dengan melalui penghubung perantara lain dalam hal ini website dan blog. Backlink adalah cara menyebarkan link yang tersebar di web lain yang ketika link itu di buka akan mengarah pada web yang kita kelola. Lalu bagaimana supaya orang bersedia menaruh link website kita pada webnya itu yang akan kita bahas.

Sebagai contoh bagaimana membuat SEO Off Page, berikut adalah ilustrasi yang menunjukkan bagaimana SEO Off Page diterapkan “ jika web anda memiliki konten atau fokus pada musik, maka sebaiknya anda juga memasang backlink pada web atau blog yang membahas tentang musik atau membahas perkembangan musik. Proses pemasangan backlink bisa melalui menyisipkan link pada komentar atau meminta izin pemilik web untuk memasangkan link anda”

Proses SEO Off Page tersebut merupakan langkah yang dilakukan setelah website yang kita kelola memiliki konten dan isi yang berkualitas. Tanpa kualitas yang baik pada website atau blog anda tentu SEO Off Page anda tentu tidak akan bekerja secara optimal. Setelah sebelumnya kita membahas SEO ON Page sekarang kita mulai fokus membangun website dari luar website kita. Untuk lebih meningkatkan pemahaman mari kita lihat perbedaan SEO ON Page dengan SEO OFF page.

Setelah mengetahui perbedaan dari SEO On Page dengan SEO Off Page, keduanya adalah proses saling mendukung dan melengkapi. Usaha yang sulit bila hanya melakukan SEO On Page saja tanpa melakukan SEO Off Page begitu juga sebaliknya. Penerapan yang sempurna dan terus belajar menjadi hal yang membuat sebuah website dapat leading/memimpin diantara website lain.

Faktor-Faktor SEO OFF Page

Pengaplikasian SEO off page yang baik juga dipengaruhi oleh bagaimana sebuah website mengolah konten untuk di share ke website atau media lain. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui faktor-faktor yang penting dalam pembuat SEO Off Page. Berikut adalah beberapa faktor penting yang membantu metode SEO Off Page dan menaikkan peringkat halaman Anda:

  • Inbound Links

Google sebagai mesin pencari melihat banyak link sebagai salah satu acuan dalam memeringkat sebuat website. Website yang dapat memadukan antara link dan konten menurut google adalah web yang bagus, karena dengan adanya link website dianggap terpercaya dan bagus. Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website Anda dihitung sebagai suara dukungan bagi website Anda. Semakin banyak link menuju website Anda, semakin banyak suara dukungan Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.

  • Anchor Text

Anchor text adalah teks yang dijadikan hyperlink, terkesan seperti teks biasa dengan warna berbeda, yang didalamnya terdapat sebuah alamat URL. Dalam meangaplikasikan off-page SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.

  • Kualitas Link

Ketika anda membuat sebuah artikel dalam website anda maka anda dituntut untuk memberikan link yang berkualitas dari situs terpercaya. Sehingga website anda akan dinilai sebagai artikel yang bagus. Seperti sebuah buku,jika referensinya adalah tokoh-tokoh terpercaya maka kualitas website anda akan bagus. Lalu seperti apa kualitas link yang baik? Berikut kriteria kualitas link yang baik :

  • Website dengan domain .edu atau .gov
  • Authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword Anda
  • Website yang sudah ada sejak lama
  • Website bukan konten berbau sara dan pornografi
  • Website yang sesuai dengan topik konten Anda
  • Kecepatan Link Building

Kecepatan link building juga menjadi salah satu faktor penting dalam SEO Off Page. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat penalti (terutama jika website Anda masih tergolong baru). Mesin pencari bisa mengetahui kecepatan link building yang baik. Link dari website yang banyak memiliki konten berbeda dengan web/blog dengan sedikit konten.

Mengenal Back Link

Membangun sebuah website merupakan sebuah usaha yang tidak mudah, lihatlah website yang baru muncul diera sekarang ini namun lebih populer dari web yang sudah lebih lama. Seperti populernya Tokopedia.com melebihi Kaskus.com atau Detik.com dibanding kompas atau republika yang lebih dulu menjadi kantor berita. Jawaban yang paling logis adalah kemampuan membangun website secara baik dan terus-menerus. Website yang terus melakukan perbaikan dan pembenahan akan semakin baik dalam proses promosi.

Semua orang dapat menghasilkan banyak keuntungan dari sebuah website, era sekarang ini masyarakat sudah berbondong-bondong menggunakan teknologi dan kedepannya akan lebih sering lain. Pertanyaannya apakah kita bisa menjadi kaya dari website yang kita kelola, jawaban jelas pasti bisa. Asalkan ada kemauan dan mau belajar tentu website kita akan jadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Langkah yang mudah dan murah dalam melakukan SEO Off Page adalah membangun Backlink. Backlink berasal dari dua kata yaitu back dan link , back artinya kembali atau tautan balik dan link berarti alamat sebuah situs. Jadi backlink adalah sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang berupa umpan balik.Sebagai contoh : link blog “sukses.com” terdapat di “Rahmat.com”  dan begitu juga sebaliknya. Backlink Juga Dikenal Sebagai Link Masuk, Inbound Link, Inlink, Dan Link Balik, Adalah Link Yang Masuk Ke Sebuah Situs Web Atau Halaman Web. Dalam Terminologi Dasar Link, Backlink Adalah Link Apapun Yang Diterima Oleh Sebuah Node Web (Halaman Web, Direktori, Situs Web Atau Domain Tingkat Atas) Dari Node Web Lain.

  1. Cara melakukan backlink

Backlink yang dapat meningkatkan pengunjung website yang di kelola sehingga dapat meningkatkan ranking pencarian di google dapat dilakukan dengan beberapa cara. Proses backlink beragam dan kita dapat mengoptimalkan cara-cara tersebut sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki. Sebab cara-carat tersebut tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut cara melakukan backlink diantaranya adalah :

  • Blog Comment

Meninggalkan komen dan menaruh link di dalam sebuah komentar hal ini akan dibaca oleh algoritma google  (crawl) sebagai website yang memiliki jaringan yang baik.

  • Forum Posting / Forum Profile

Memberikan link postingan anda pada forum lambat laun akan meningkatkan website anda, sebab bukan tidak mungkin bila website anda bermanfaat artikel yang anda sebarkan akan dibaca oleh pengguna forum

  • Artikel Posting

Membuat artikel adalah hal yang penting sekali dalam meningkatkan pencarian anda, membuat postingan artikel yang bermanfaat dan membuat link antar artikel juga membantu dalam meningkatkan ranking di google.

  • Situs Bookmark

Menyebarkan link pada situs bookmark juga membantu mengoptimalkan situs web anda.

  • Situs Directory

Situs directory menjadi hal lain yang dapat meningkatkan kepercayaan situs anda, dengan menyebarkan link anda pada situs directory juga akan membantu website anda berkembang. Jangan biarkan konten pada website anda menganggur begitu saja.

Cara membuat artikel SEO yang baik diantaranya adalah :

  1. Gunakan konten yang unik dan berbeda

Tidak selamanya kata populer membantu dalam meningkatkan website anda, terlalu banyak pesaing besar juga membuat website tidak kunjung masuk 10 besar. Jadi gunakan kata-kata unik dan berbeda.

  1. Jangan mengambil artikel orang lain/copypaste

Mengcopypaste selain melanggar hak cipta juga dapat menurunkan rating, website juga bisa terkena banned oleh google sehingga tidak ditampilkan karena artikel terbaca plagiat.

  1. Buat artikel berseri dan judul yang beragam

Buatlah artikel berseri, jangan putus pembahasan dalam website anda. Pembaca akan senang mengunjungi website yang mempunyai informasi yang berseri, enak dibaca, dan up to date.

  1. Sisipkan keyword pada teks yang ada

Menyisipkan keyword pada kata kunci juga pernah dianggap efektif, tetapi jangan terlalu banyak pengulangan kata. Karena akan membuat website anda tidak enak dibaca.

  1. Satu artikel di sisipkan Link pada artikel lain.

Menyisipkan artikel pada halaman lain juga membantu sebuah website mendapatkan top 10. Contoh penerapannya dapat dilihat diatas.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *