Menerapkan Pembuatan Email

Menerapkan Pembuatan Email

Menerapkan Penggunaan Email

Definisi Email

Email adalah kependekan dari electronic mail. Jadi singkatan email berasal dari bahasa inggris yang artinya “surat elektronik” tersebut. Terkadang, dalam bahasa indonesia, kita mungkin menemukan ada orang yang menggunakan singkatan yang serupa, yakni ‘surel’. Barangkali singkatan surel ini digunakan untuk menandingi singkatan email. Email atau E-Mail atau Surel adalah kegiatan surat menyurat (kirim mengirim surat) melalui jaringan internet. Karena Email ini dikirim dan diterima langsung melalui internet, maka format surat yang digunakan bukan lagi selembar kertas dan tinta, melainkan format digital yakni ditulis melalui komputer atau gadget yang didukung dengan sebuah aplikasi email.

Definisi email menurut para ahli :

  • Darma, Jarot S, Shenia A, Email merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja via internet, bukan lewat pos
  • Definisi menurut Erima Oneta & Yosep. S, Email adalah salah satu fasilitas di internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman
  • Indra Kertarajasa Furqon, menyatakan bahwa Email merupakan singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email digunakan untuk melakukan kegiatan surat – menyurat melalui jaringan internet

Dapat disimpulkan email adalah salah satu bagian dari internet, dalam mengirim surat-surat antar pengguna jaringan dan digunakan dalam mengirim pesan teks, gambar, bahkan video. Email merupakan sebuah alamat unik yang hanya di miliki oleh satu orang saja di dunia untuk digunakan secara pribadi maupun perusahaan.

Sejarah Email

Pada tahun 1968, sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN) dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menyelesaikan proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang kemudian berubah menjadi Internet. Proyek ARPANET sendiri adalah proyek yang semula bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.

Dilihat dari standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih primitif. Apa yang bisa dilakukan oleh program tersebut hanyalah saling mengirim pesan kepada sesama pengguna dalam satu mesin yang sama. Ketika pengguna membuat pesan / dokumen dalam bentuk teks, selanjutnya pesan tersebut akan dikirimkan ke dalam kotak surat yang ada pada mesin itu.

Kemudian pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang disebut SNDMSG. Program ini bukanlah program baru, karena sebenarnya  Awalnya Ray bereksperimen dengan program SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer tersebut dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, dia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protokol yang dinamakan CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengiri pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal mula terciptanya sebuah ‘e-mail’.

Pesan email yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama kalinya di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Selanjutnya pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon ‘@’ yang berarti “at” atau “pada” sebagai identitas email untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat email.

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan untuk umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Domer yang pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari AS. Eudora adalah client emai (email berbasis client) pertama yang menyediakan grafis antarmuka. Pada saat pertama muncul, email ini bersifat gratis meski setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994 dan menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun. Lalu dengan cepat tergantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut kemudian menjadi popular, tidak hanya lebih baik dari Eudora namun juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.

Fungsi Email

Email memiliki beberapa fungsi penting bagi penggunanya, setiap orang saat ini hampir dipastikan memiliki email.bahkan email sendiri dapat digunakan untuk sarana pemasaran yang paling efektif. Lalu apa fungsi email ? berikut merupakan fungsi dari email :

  • Mengirim dan menerima pesan

Ini adalah fungsi paling dasar dari email adalah mengirim pesan berupa surat elektronik. Seiring berjalannya waktu media yang dapat dikirim semakin lengkap mulai dari text, gambar, video, audio,dll. Email hampir dimiliki setiap orang dan sudah merupakan ranah private seseorang, sebab email dapat mencirikan aktifitas keseharian seseorang. Bahkan pesan-pesan bisnis saat ini sudah mulai tersentral menggunakan email.

  • Mengirim dan menerima file

Email saat ini sudah dapat mengirimkan pesan berupa file seperti PDF, Microsoft, dan video secara cepat. Fungsi ini membuat email menjadi amat penting bagi seseorang. Diantara fasilitas yang terdapat pada email untuk mengirim file adalah tautan, link, emoticon, drive, gambar, sampai video.

  • Penyimpanan file

Gmail juga secara tidak langsung mengamankan sebuah berkas yang dirasa penting, atau sebuah hasil pekerjaan. Sementara hardcopy mudah hilang dan tercecer, email menyediakan softcopy yang memudahkan dibawa kemana pun selama terdapat jaringan internet.

  • Sarana Promosi

Para pemilik bisnis nasional dan multinasional mulai melirik email sebagai cara untuk melakukan promosi. Promosi yang efektif ternyata salah satunya malah menggunakan email dibandingkan dengan media sosial saat ini. Email menyediakan promosi khusus sesuai dengan kategori yang diinginkan.

  • Mengaktifkan aplikasi dan smartphone

Bagi pemilik smartphone bersistem android pasti akan diminta akun gmail dalam membuka fungsi dari smartphonenya. Sudah umum saat ini ketika mengenakan sebuah gadget gmail menjadi pengantar. Sehingga akhirnya email hampir dimiliki setiap orang yang memiliki smartphone.

Kategori dan Jenis-jenis Email

  1. Kategori Email
  • Client Email

Piranti lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tanpa sambungan internet). Sedangkan koneksi internet hanya dibutuhkan pada saat pengiriman dan penerimaan email. Contoh dari piranti tersebut adalah Eudora, Outlook Express dan Mozilla Thunderbird.

  • Web Based Email

aktifitas penggunaan layanan dilakukan dengan menggunakan aplikasi email yang ditawarkan oleh situs penyedia layanan email. Bila ingin mengirim atau memeriksa email, pengguna harus masuk ke website penyedia layanan email tersebut untuk mengaksesnya.

  1. Jenis-jenis Email
  • Pop mail

type email yang diterima melalui Internet Servis Provider (ISP). Jenis ini biasanya banyak digunakan di jaringan kantor maupun perusahaan. POP mail adalah email berbasis client.

  • Web Mail

jenis layanan email yang banyak ditawarkan oleh situs-situs web penyedia layanan email, seperti Google dengan Gmail dan Yahoo dengan Yahoo Mailnya.

  • Email Forwarding

layanan email yang meneruskan email yang masuk atau diterima ke alamat email yang lain. Menggunakan layanan ini, pengguna dapat menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, dan selain itu tidak perlu memberi tahu email yang baru. Email jenis ini sepertinya sangat bermanfaat bagi orang yang sering ganti alamat email.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *