Pengantar Bisnis Online Tahun Ini

Pengantar Bisnis Online Tahun Ini

Gambaran Awal

Berjualan saat ini tidak lah sama dengan 10 tahun, 20 tahun atau lebih lama dari pada itu. Melakukan penjualan sudah jauh beralih dari sistem barter hingga saat ini menggunakan internet sudah semakin banyak di gunakan di Indonesia. Memang market share (pengguna pasar) untuk bisnis online masih terbilang dibawah Bisnis konvensional (pemasaran langsung face to face).

Potensi Bisnis online di Indonesia saat ini terbuka lebar, sebab banyaknya pengguna internet yang begitu besar. Pengguna internet di Indonesia telah mencapai 70 juta orang bahkan sampai 100 juta orang, pertumbuhannya bisa mencapai 10 hingga 15 persen.

Bukti begitu besarnya potensi bisnis online di Indonesia bisa dilihat dari perusahaan global yang terus masuk di Indonesia. Zalora, groupon, akuisisi Lazada, jd.id adalah contoh dari perusahaan top global yang masuk ke Indonesia dan akan mengembangkan bisnis online di Indonesia.

Kitalah anak bangsa yang diharapkan mampu menjadi penggerak bisnis online di Indonesia. Jangan sampai potensi besar bisnis online di Indonesia dikuasai oleh asing yang sudah serius lebih dulu mengembangkan bisnis online di Indonesia.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online atau Bisnis Daring (Dalam Jaringan) adalah aktivitas bisnis yang dilakukan berupa penawaran produk dan jasa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis menggunakan teknologi informasi yang terintegritas (internet). Bisnis Online semakin banyak dinikmati oleh masyarakat seiring dengan perkembangan zaman dimana teknologi sudah sampai ke tangan dan kanton pengguna, pengguna internet sekarang semakin banyak hingga kepelosok.

Perkembangan teknologi membuat produsen barang dan jasa mulai mengalihkan bisnisnya dari yang awalnya bisnis offline seperti mendirikan menyewa toko, menyebar brosur, memasang pamflet promosi menjadi bisnis online yang menggunakan Jaringan internet melalui web, media sosial, dan link.

Walaupun pada kenyataannya masih sedikit yang mengetahui Bisnis online dan macam-macamnya, membuat bisnis online masih memiliki potensi yang besar. Marketing 4.0 yang paling terbaru menyatakan perkembangan bisnis online ini sekarang begitu besar, walaupun masih dibutuhkan bisnis offline sebagai penunjang. Bukan tidak mungkin suatu saat bisnis online begitu merajai perekonomian disebabkan begitu efisiensinya bisnis online saat ini.

Beberapa Definisi Bisnis online dari para ahli yang layak dijadikan renungan apakah kita sudah mampu mengendalikan dan menggunakan bisnis online yang sedang berkembang saat ini.

  1. Menurut Phillip Kotler, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yagn menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Jasa daring komersial adalah jasa yang menawarkan jasa informasi dan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar iuran bulanan.
  2. Menurut Chaffey, bisnis online disebut juga bisnis internet atau pemasaran internet, yaitu pengguna internet dan teknologi digital yang berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep bisnis modern
  3. Christoper Stoole yang dinamakan bisnis online adalah suatu cara mengkombinasikan sistem dan proses dalam menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi internet.
  4. Samantha Shurety sebuah bisnis online adalah penggunaan teknologi internet dalam transformasi bisnis.

Dapat disimpulkan bahwa Bisnis online adalah Bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yang bertujuan memasarkan yang mengkombinasikan sistem dan proses dalam menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi internet.

Manfaat Bisnis Online

Terdapat 3(tiga) jenis saluran dalam pemasaran yang berpengaruh dalam implementasi bisnis online menurut Peterson diantaranya adalah : Komunikasi, Transaksi, dan Distribusi. Beberapa manfaat bisnis online yang didapatkan melalui fungsi komunikasi, transaksi, dan saluran distribusi adalah sebagai berikut.

  1. Komunikasi
    1. Peningkatan Informasi Produk

Komunikasi yang di lakukan dalam bisnis online dapat meningkatkan pemahaman dan informasi dalam produk. Pemasaran online memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengetahui informasi produk sedetail mungkin. Bisnis online juga sebuah produk harus terdapat informasi yang jelas dan harga yang amat bersaing, pembeli akan mencari produk dengan efisiensi paling tinggi disebabkan luasnya informasi produk yang didapat.

  1. Ketersediaan Layanan

Bisnis online tidak terbatas ruang dan waktu, pelayanan dalam bisnis online dilakukan secara maya tanpa interaksi langsung antara pembeli dan penjual. Sehingga para produsen membuat layanan seperti call center, chat, pengiriman gratis, dsb. Ketersediaan layanan dalam bisnis online memang tidak seperti pada bisnis offline yang lebih nyata, namun foto yang menarik dan persuasif meningkatkan pelayanan dalam bisnis online.

  • Biaya komunikasi Lebih Rendah

Pemasaran dalam bisnis online fokus pada orang yang benar-benar ingin membeli saja, jadi setelah promosi online dilakukan secara luas penjual hanya fokus pada pembeli potensial saja. Biaya yang dilakukan relatif lebih rendah sebab bisnis online dapat dilakukan bahkan oleh mesin/robot pun dapat melakukan komunikasi, sehingga penjual hanya akan melakukan tindakan pada pembeli saja.

  • Interaktif

Bisnis online lebih interaktif sebab dalam promosinya produsen akan menayangkan visual yang menarik seperti pemasangan video, testimony, gambar visual, deskripsi, dan icon yang menarik yang menyebabkan pembeli akan langsung dapat menentukan pembelian sesegera mungkin. Berbeda dengan offline yang lebih satu arah seperti hanya pada satu aspek promosi seperti pemasangan baliho, reklame, atau penyebaran brosur bisnis online dijalankan lebih melibatkan kedua belah pihak.

  • Informasi Persediaan terkini

Bagi anda yang pernah menggunakan marketplace atau e-commerce mungkin akan melihat persediaan barang yang tersedia dari penjualan produk, posisi dimana barang berada, dan kondisi barang. Dalam bisnis online ketersediaan barang terinci secara baik, penjual hanya dapat fokus pada barang yang akan habis saja dan tetap memasang iklan barang yang tersedia, sementara pembeli dapat melihat ketersediaan barang sebelum memutuskan pembelian. Tidak seperti pada offline dimana kadang penjual harus mencek ketersediaan barang dan kadang pembeli tidak dapat melihat semua etalase barang, dalam bisnis online sebaliknya semakin memudahkan dalam melakukan transaksi.

  • Layanan Purnajual

Kelemahan dalam bisnis online sekarang ini adalah layanan purnajual, namun seiring berkembangnya teknologi saat ini review barang menjadi acuan dalam penjualan barang. Bisnis online yang berkembang sekarang ini memberikan gambaran sebuah produk bagus atau tidak, diterima atau tidak dimasyarakat. Dari testimony, ketersediaan return barang, asuransi, dan ekspedisi yang beragam membuat pelayanan purnajual semakin baik melebihi bisnis offline yang sudah lebih lama.

  • Tidak Harus Bertemu

Awal perkembangan bisnis online, masyarakat lebih memilih COD (Cash Of Delivery) dimana pembeli dan penjual pada saat itu lebih nyaman jika bertemu. Perkembangan saat ini bisnis online sudah tidak menakutkan lagi, adanya pihak perantara dalam hal ini bisnis marketplace seperti tokopedia, bukalapak, blanja.com, shopee membuat pembeli tak perlu khawatir. Sebab pihak operator tidak akan melakukan pembayar pada penjual selama barang belum diterima pembeli, semakin mudahnya transaksi dengan adanya tracking perjalanan barang membuat konsumen nyaman dan semakin terbiasa dengan berbagai jenis bisnis online.

  1. Transaksi
    • Etalase virtual dapat dicapai oleh semua pengguna internet

Awal perkembangan bisnis online membuat toko online berbasis website memerlukan biaya yang lumayan mahal, namun saat ini perkembangan teknologi internet dan persaingan membuat membuat etalase virtual begitu mudah. Bagi yang tak memiliki website dapat menggunakan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, maupun shoope. Sementara yang ingin membuat website dapat membuat etalase virtual yang mudah dari gratis hingga berbayar seperti Jarvis-store.com, shopify.com, woocommerce, wordpress dan blogspot pun templatenya dapat disesuaikan. Kemudahan etalase virtual saat ini membuat siapapun dapat menjalankan bisnis online.

  • Biaya Transaksi murah dan mengurangi kesalahan

Dahulu saat kita ingin berbelanja kita harus menuju sarana trasportasi, menyiapkan biaya perjalanan, dan tidak setiap saat dapat berbelanja. Memang perkembangan teknologi terutama gadget yang semakin cepat membuat bisnis online berkembang pesat saat ini. Salah satunya adalah saat ini kita dapat berbelanja kapanpun, tinggal klik, transfer, dan kemudahan lainnya. Selain itu, pembelian yang telah disepakati pun masih dapat di review atau direvisi sesuai dengan kebutuhan sehingga kesalahan dapat diatasi.

  • Mengurangi waktu siklus pengadaan

Pengadaan barang dalam bisnis online merupakan kegiatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan penjual dan pembeli. Barang yang laku akan lebih diutamakan dibanding barang kurang peminat. Siklus pengadaan barang pun dapat dilakukan secara efisien sebab penjual dapat membeli barang yang lebih dekat kepada pembeli, para produsenpun akan lebih mengetahui permintaan akan barang yang akan dibeli.

  • Tingkat persediaan yang lebih rendah serta biaya overhead terkait lainnya.

Overhead adalah biaya lebih yang dikeluarkan seiring bertambahnya biaya produksi atau jumlah pembelian barang. Bagi para pebisnis online persediaan barang dapat diatur sedemikian rupa sehingga menekan biaya yang tak perlu dalam penjualan dan produksi itu sendiri.

  • Promosi dan penjualan langsung kepada konsumen

Ketika seseorang membeli sebuah barang dan jasa maka didalamnya terdapat berbagai macam biaya selain bahan baku dan produksi juga terdapat biaya promosi dan distribusi. Semakin panjang distribusi, dan tingginya biaya iklan tentu harga barang dan jasa akan semakin mahal. Saat ini persaingan harga barang dan jasa semakin kompetitif sebab promosi dan penjualan yang dilakukan langsung dari produsen kepada konsumen melalui internet marketing.

  • Harga fleksibel

Harga yang beragam menjadi ciri khas dari bisnis online saat ini, sebab begitu banyaknya penjual yang dapat kita temui akibat mudahnya mendapatkan akses kepada penjual membuat calon pembeli dapat melihat biaya yang beragam dan flexible/dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Biaya Entri dan pembentukan biaya relative rendah

Biaya entri barang pada bisnis online tergolong murah dan terjangkau dibandingkan dengan promosi offline. Ketersediaan template website yang dapat digunakan membuat biaya entri barang yang dijual semakin mudah. Mempelajari terus perkembangan dunia internet akan semakin menurunkan biaya marketing online dan mengefektifkan penjualan sebab kita akan semakin mengurangi keterlibatan orang lain dalam bisnis kita. Sementara tak mengertinya tentang bisnis online akan membuat kita mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

  1. Distribusi
    • Mengurangi waktu tunggu

Dalam pengiriman barang yang dilakukan dalam transaksi lokal maupun global dapat dilakukan tracking pengiriman barang. Barang cenderung dapat di pantau seperti apakah barang sudah dipacking, apakah barang sudah masuk ekspedisi, apakah barang akan sampai, dsb.

  • Menurunkan biaya pengiriman

Ekspedisi yang beragam dalam pengiriman barang membuat biaya pengiriman dari luar negeri sekalipun dapat dipilih dari yang gratis pengiriman sampai biaya pengiriman yang terjangkau. Persaingan ekspedisi pengiriman di Indonesia saat ini membuat pengiriman dapat dilakukan sesuai budget.

  • Pelangganan dapat melacak pesanan

Pelanggan dapat melakukan pelacakan barang yang dibeli, kemudahan informasi saat ini membuat seseorang berlomba-lomba membuat website yang memberikan manfaat bagi penggunanya, salah satunya adalah layanan tracking perjalanan paket yang dapat di pantau dari nomor resi yang dikeluarkan pihak ekspedisi.

Jenis-Jenis Bisnis Online

Bisnis online pada dasarnya bukan hanya kegiatan memindahkan proses jual-beli yang nyata kepada penjualan melalui dunia maya/internet. Bisnis online sesungguhnya lebih luas dari pada itu semua, dan penjualan online bisa jadi adalah satu bagian diantara bagian yang besar dari bisnis online tersebut :

Jenis-jenis bisnis online yang perlu kita pelajari dan praktekkan diantaranya adalah :

  • E-commerce

E-Commerce dapat diartikan sebagai transaksi jual beli berbentuk toko virtual yang secara elektronik menjual produk dan jasa menggunakan jaringan Internet. Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. Saat ini contoh e-commerce di Indonesia diantaranya adalah Lazada.co.id dan JD.id. Mereka menawarkan barang yang dititipkan dari produsen produk dan dipasarkan melalui jaringan internet. Bila serius mempelajarinya setiap kita dapat membuat e-commerce sendiri dengan ketekunan, memang untuk sebesar contoh diatas butuh kerja tim, namun selama ada kemauan secara mandiri dapat membuat e-commerce sendiri. Amazon. Com pada awalnya dirintis oleh satu orang yang rutin menawarkan buku, sekarang sudah menjadi e-commerce terbesar di dunia.

  • Marketplace

Marketplace adalah wadah berjualan secara online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya, masing-masing dapat melakukan diskusi terkait produk yang akan ditransaksikan. Marketplace menyediakan tempat untuk mengupload produk, bagi yang ingin merintis produk dapat melakukan pemasaran di marketplace seperti : Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, dan Ebay (internasional).

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan penjualan di Marketplace diantaranya adalah :

  1. Tampilan Produk harus menyentuh aspek emosional pembeli, gambar harus menarik dan mengajak orang untuk membeli.
  2. Faktor harga sangat penting sebab, dalam Marketplace harga yang murah yang menjadi perhatian pembeli.
  3. Selalu mengupdate produk agar produk tidak tenggelam oleh produk pesaing
  4. Pastikan Barang yang dijual tersedia dan dalam kondisi bagus.

Jenis-jenis Affiliate diantaranya adalah :

  1. Pay Per Sale

Pay Per Sale adalah proses memperoleh keuntungan apabila seseorang membeli produk melalui affiliate link kita. Contohnya produk yang biasa dipasarkan dengan menggunakan cara ini adalah penjualan ebook seperti pada ratakan.com. Biasanya keuntungan yang diperoleh hingga 80%. Keuntungan ini biasanya ditetapkan oleh affiliate merchant. Selain itu ada juga affiliate merchant yang menetapkan keuntungan yang akan mereka bayar kurang dari 50%.

  1. Recurring Affiliate

program recurring, affliate merchant akan memberi keuntungan kepada kita secara tetap ataupun berkala. Biasanya program ini ditawarkan kepada kita karena menyertai suatu produk dengan bayaran secara bulanan. Contohnya adalah seperti webhosting, autoresponder ataupun membership website seperti affiliate classroom.

  1. Pay Per Lead

Pay-per-lead adalah jenis affiliate program yang menerima keuntungan untuk setiap prospek (leads) dengan kelayakan tertentu yang kita bawa ke website merchant melalui affiliate link.

  1. Pay Per Click

Pay-Per-Click Affiliate Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung.

  1. Pay Per Search

Pay-Per-Search Affiliate Program ini hampir serupa dengan pay-per-click. Perbedaannya hanyalah pada modelnya saja. Melalui program ini akan menerima bayaran apabila pengunjung di website anda mencari program dengan menggunakan “search box” yang telah anda tempatkan di website.

  • Hybird Program

Hybrid Programs adalah di mana affiliate merchant menggabungkan beberapa program bayaran yang berbeda Sebagai contoh Affiliate merchant akan menawarkan $0.10 setiap kali pengunjung website akan klik pada link iklan mereka dan apabila ada pengunjungyang membeli produk mereka, affiliate merchant akan membayar keuntungan sebanyak 15% kepada anda. Contoh yang ada di Indonesia sangat beragam, kode referall adalah bentuk program hybrid yang terus berkembang.

  • Dropshipping

Dropshipping adalah kegiatan memasarkan produk dan jasa tanpa stock barang dengan bermodalkan informasi produk, pembeli akan diarahkan kepenjual langsung setelah pembeli melakukan pelunasan. Bila ingin berbisnis tanpa modal dropshipping adalah langkah yang baik untuk memulai, sebab para produsen sudah menyediakan media promosi dan kita tinggal mempromosikannya apabila ada pembeli posisi kita menjadi penghubung dengan penjual.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan bisnis dropshipping diantaranya adalah :

  1. Memahami produk yang dipasarkan
  2. Mengupdate stock produk yang terdapat pada produsen setiap saat.
  3. Kuantitas menjual produk penting sebab margin kecil
  4. Kualitas harus dipastikan agar tidak mengecewakan konsumen.
  • Email Marketing

Email yang sering kita gunakan untuk berkirim surat elektronik dan share data, ternyata dapat digunakan sebagai pengembangan bisnis. Bahkan dalam e-mail merupakan salah satu pemasaran paling optimal. Orang cenderung tidak mengganti-ganti e-mail dan menggunakannya setiap saat seperti ketika menggunakan handphone dan sebagainya. Fungsi email yang beragam membuat para pengusaha menggunakan email untuk mempromosikan produknya.

Salah satu cara membuat email marketing efektif bagi penjualan produk adalah dengan mengirimkan konten-konten marketing yang menarik bagi orang-orang yang sudah mendapatkan emailnya. Melalui konten beriklan yang menarik dan dilihat pengguna maka produk anda akan banyak terjual.

Berikut cara kerja email marketing yang baik diantaranya adalah :

  1. Membuat konten iklan yang menarik sehingga membuat orang yang membuka email tertarik untuk melihat kiriman anda. Berikan manfaat bagi para pembaca agar mereka tidak hanya melihat tapi juga tertarik untuk melakukan pembelian. Model seperti : Diskon khusus hari ini, atau beli 1 gratis 1 dapat meningkatkan penjualan produk anda.
  2. Berikan informasi bermanfaat bukan hanya terkait produk yang sedang dijual, melainkan juga informasi yang bertujuan mendekatkan konsumen dengan produk anda juga diperlukan dalam email marketing. Sebagai contoh seseroang yang menjual produk kesehatan rutin mengirimkan email tentang hidup sehat sehingga orang yang membuka email anda tertarik membeli produk anda.
  3. Buat list pelanggan potensial anda pada email marketing, buat mereka menjadi pelanggan rutin anda dengan terus melakukan pendekatan dan memberikan ucapan selamat dihari spesial, misal ulang tahun atau hari besar keagamaan.
  • Search Engine Optimization (SEO)

Google merupakan perusahaan dengan kata kunci sebagai hal yang penting dalam meraih laba perusahaan. Bagi banyak perusahaan penggunaan kata kunci menjadi penting sebab kata kunci yang tepat dapat meningkatkan penjualan produk. Mendapatkan urutan pertama pada pencarian google adalah cara yang efektif untuk mendapatkan pengunjung untuk website anda, apalagi bila website tersebut juga menjual produk untuk dijual tentu penjualan akan semakin baik.

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa untuk pencarian “jual mobil baru “ terdapat carmudi.com dan jualmobilbaru.com sedangkan untuk Datsun.co.id dan bidbox.id merupakan iklan pada google adsword. SEO Carmudi dan jualmobilbaru.com akan bertahan lebih lama karena secara alami mereka dapat tampil pada pencarian pertama sedangkan yang beriklan akan mudah tergantikan setelah batas kliknya habis. SEO yang baik tentu akan meningkatkan penjualan produk. SEO Sendiri merupakan pembahasan tersendiri pada pelajaran Bisnis Online.

  • Sosial Media

Sosial media juga merupakan jenis bisnis online, walaupun secara dasar media sosial adalah ajang eksistensi diri. Sosial media menjadi ajang bagi perusahaan untuk mempromosikan produk yang dijual. Facebook ads, instagram ads, twitter ads adalah contoh dari wadah untuk beriklan di sosial media berbayar. Secara gratis pun media sosial dapat dijadikan ajang untuk promosi produk kepada calon konsumen, memberikan informasi dan manfaat melalui media sosial akan semakin mendekatkan produk dengan konsumen dan ujungnya akan meningkatkan penjualan produk.

  • Blog Marketing

bisnis sukses diperlukan sebuah strategi pemasaran yang baik. Namun, di era digital ini, strategi pemasaran Blog Marketing merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan bisnis yang sedang dijalankan. memasarkan produk melalui blog sudah menjadi srategi pemasaran yang dianggap cukup jitu di berbagai jenis bisnis, terutama yang berbasis online.

Beberapa alasan perlunya Blog Marketing digunakan dalam bisnis online diantaranya adalah :

  1. Blog marketing membantu menambah pengunjung website, bila website tersebut menawarkan produk tentunya akan meningkatkan pembeli potensial produk. Perusahan banyak menggunakan blog dalam membangun citra perusahaan di mata konsumen.
  2. Blog Informatif sehingga banyak yang membaca, website hanya berisi informasi perusahaan dengan menggunakan blog perusahaan akan banyak dilihat orang dan tidak membosankan. Sebab dalam blog selalu ada informasi baru yang tentu amat dirasakan manfaatnya oleh pembaca.
  3. Blog Murah dan gratis, dalam blog kita diberi kebebasan untuk mengakses informasi tanpa ada batasan, tempat yang disediakan tidak terbatas. Selain itu template blog biasanya sudah disediakan oleh penyedia sehingga cenderung mudah dan tak perlu memahami bahasa pemograman yang rumit.

Kesimpulan

Bisnis online yang saat in berkembang di Indonesia merupakan peluang untuk siapa saja yang mau berusaha belajar memanfaatkan potensi pendapatan keuangan yang menjanjikan. Kemudahan yang didapat, akses yang tersedia hingg pelosok daerah membuat siapa saja dapat memanfaatkan teknologi khususnya gadget untuk melakukan transaksi bisnis secara online. Hakikat jual beli adalah menawarkan barang dan jasa ketempat barang dan jasa yang tidak terdapat di wilayah lain.

Jadi, bila penawaran secara daring sudah dilakukan maka dengan otomatis akan ada permintaan hanya saja pekerjaan rumahnya adalah membuat iklan kita yang bersifat daring dapat di baca dan sampai kepada yang membutuhkan. Akhirnya sebagai pesan penutup dari kuli panggul di pelabuhan Makasar hingga doktor fisika dapat menjadi milyarder dari bisnis online. Apalagi kita yang belajar dan menjadi bidangnya dalam bisnis daring dan pemasaran,pasti lebih bisa.

Kata Kunci :

  1. Bisnis online
  2. Daring
  3. Luring
  4. SEO
  5. Affiliate
  6. Dropship
  7. PPC (Pay Per Click)
  8. PPS (Pay Per Sale)
  9. Stock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *