Mengevaluasi dan merancang website

Mengevaluasi dan merancang website

mengevaluasi dan merancang websiste

Pengertian Website

Website saat ini menjadi salah satu hal wajib ada bagi banyak perusahaan, personal, pemasaran, sampai sosial. Kebiasaan orang dizaman ini untuk mencari informasi dari Internet menyebabkan orang berlomba-lomba membuat website dan blog agar eksistensi baik individu maupun perusahaan dapat diketahui orang lain. Mungkin diantara kita ada yang menyatakan saya belum mempunyai web atau blog. Jawaban tersebut bisa jadi benar bisa juga salah, sebab bila kita menggunakan facebook, twitter, instagram, hal tersebut masuk dalam kategori blog pribadi hanya saja kita menggunakan jasa website orang lain, dan akhirnya eksistensi kita dapat dikenal di dunia luar.

Pengembangan website sendiri saat ini banyak di lakukan oleh perusahaan-perusahaan dengan mengelola website. Syarat pembuatan website sendiri memiliki domain (alamat website) dan Housting (tempat penyimpanan data pada server), ketika kedua hal ini kita miliki maka kita sudah dapat membuat website. Sekarang ini membuat website cukup mudah dan tidak rumit. Tersedianya template baik gratis dan berbayar maupun website gratis seperti wordpress dan blogger membuat website semakin mudah dibuat oleh siapa saja.

Website adalah sekumpulan halaman yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman dan terkoneksi melalui jaringan internet. Sedangkan menurut Hidayat Website dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Dapat disimpulkan website adalah halaman yang berisi gambar, teks, data, gambar, video,dan animasi baik itu yang bersifat statis maupun dinamis sehingga memberikan nilai tambah bagi individu atau perusahaan dalam melakukan promosi.

Manfaat Website

Para pengguna internet tentu akan merasa hal yang berbeda bila mereka mempunyai website yang mereka kelola disamping hanya sekedar informasi saja. Memiliki website diibaratkan seperti berada dalam kolam renang dan kita berada dalam kolam renang tersebut merasakan airnya dan menguasai diri agar dapat bergerak dalam air, sementara bagi orang yang tidak mengelola dan memilikinya diibaratkan hanya menonton saja dari pinggir kolam renang. Oleh sebab itu belajarlah memiliki website walaupun gratis seperti blogger atau wordpress dan terus mengupdate yang ada didalamnya lambat laun kita akan memahami website dan dapat mengelolanya.

Lalu apa manfaat lain selain ilustrasi diatas, berikut adalah manfaat yang dapat dirasakan baik oleh individu maupun perusahaan ketika memiliki sebuah website:

  • Aktualisasi diri dan perusahaan

Website menjadi ajang aktualisasi diri dan perusahaan, dalam sebuah website terdapat informasi yang dapat diakses sehingga kita dapat memperkenalkan diri, menunjukkan keahlian, dan share terkait kemampuan kita. Mempunyai website memberi wadah bagi diri kita untuk dapat dilihat oleh dunia luar sehingga pergaulan akan semakin luas dan dikenal. Selain itu, dengan informasi website yang baik dapat mendatangkan keuntungan material maupun immaterial bagi sipemilik website.

  • Sarana Promosi

Dapat diketahui bersama bahwa website merupakan sarana promosi yang baik. Melalui website yang informatif kita bisa menjual barang bukan hanya di lingkup kita tinggal atau bergaul saja. Melalui website yang informatif kita dapat melalukan pemasaran di seluruh pulau di dunia selama terdapat jaringan internet didalamnya. Website juga menjadi sarana promosi yang murah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan

Pernahkah anda melihat testimoni pembelian barang pada sebuah website? Pasti pernah jika anda orang yang rutin berselancar di Internet. Testimony yang di sampaikan secara tepat pada sebuah website dapat meningkatkan kepercayaan konsumen akan sebuah produk. Selain itu, website juga dapat menjadi sarana menyakinkan orang untuk membeli dengan membuat kata-kata yang informatif dan video yang persuasif.

  • Komunikasi kepada konsumen

Pepatah mengatakan “sebuah foto setara dengan ribuan kata-kata dan sebuah website berbicara lebih banyak dibanding ribuan presentasi” (imam). Hal ini merupakan ungkapan yang menggambarkan begitu komunikatif sebuah website selama dibuat dengan baik dan di iklankan pada pembeli potensial. Perusahaan tidak perlu repot-repot menawarkan produknya lagi secara offline, cukup membuat website yang menarik, lakukan pengiklanan, dan fokus pada yang membeli produk.

  • Meluaskan Jaringan Pemasaran

Selama ini hanya perusahaan besar yang dapat melakukan iklan secara luas dengan menggunakan media televisi dan radio. Bagi perusahaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) tentu media radio apalagi televisi tak akan terjangkau sebab dalam satu kali pake beriklan dana ratusan juta harus dikeluarkan. Namun saat ini internet menjadi titik balik bagi siapa saja untuk meluaskan jaringan pemasaran. Website yang baik dan persuasif akan menjangkau banyak kalangan tak terbatas wilayah dan biaya yang relatif terjangkau.

  • Bisnis Mudah Ditemukan pelanggan

Dahulu ada orang menginginkan barang namun tidak dapat menemukan dimana penjualnya. Sementara disisi lain ada penjual yang kesulitan menjual barangnya. Dengan membuat website dan mengelolanya secara bertahap konsumen akan datang. Kata kunci seperti SEO menjadi sangat penting sehingga bila ada calon pembeli yang mencari barang, perusahaan anda akan tampil paling atas di pencarian. Hal ini akan otomatis meningkatkan pendapatan anda.

  • Meningkatkan citra positif perusahaan

Website seperti sebuah portofolio perjalanan hal-hal yang telah diraih perusahaan. Saat ini banyak perusahaan yang menjadikan website sebagai sarana untuk menaikkan citra perusahaan. Didalam website ditampilkan video tentang profil perusahaan, gambar yang menarik, kata-kata yang persuasif dan menghibur. Sehingga para pengguna akan semakin yakin dengan profesionalitas perusahaan hanya dari melihat websitenya. Bila websitenya saja tidak rapih bisa jadi malah akan menurunkan citra perusahaan di mata konsumen.

  • Perusahan menjadi interaktif

Website dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk berinteraksi dalam 24 jam non stop. Hal ini membuat perusahaan menjadi interaktif sebab konsumen dapat langsung menanyakan perihal permasalahannya. Website menyediakan sarana yang menunjang seperti e-mail, chat, note yang dapat meningkatkan interaksi perusahaan dengan calon pembeli.

Jenis-Jenis Website

  • Search Engine atau mesin pencarian

Search Engine adalah website yang berbentuk situs pencarian dimana tugas dan fungsinya adalah merangkum kumpulan website-website yang kemudian disajikan sesuai dengan petunjuk kata atau keyword. Search engine juga dapat disebut website pencari yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Website jenis ini paling sering digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia dan menjadi referensi sebelum memasuki website yang dituju. Bahkan saat ini pemilik dari website berbentuk search engine ini menjadi perusahaan raksasa dunia lantaran menjadi solusi dari banyak permasalahan orang.

Contoh dari website jenis ini adalah :

  1. Google
  2. Bing
  3. Yahoo
  • Wiki

Wiki adalah website yang mendefinisikan dan memberikan informasi kepada masyarakat berupa teks terstruktur yang membahas topik berbagai hal di dunia. Wiki dikategorikan web paling lengkap sehingga sering menempati posisi pertama dalam pencarian di website search engine seperti google. Website wiki adalah website dinamis yang memberikan akses kepada pengguna untuk melakukan penambahan konten, editing, dan update terkait sebuah topik. Pihak pengelola wiki berperan memoderasi dan menerima masukan apabila pengguna lain mengoreksi data yang dianggap kurang tepat. Sehingga wiki diibaratkan sebuah organisasi saling mengkoreksi terbesar didunia. Banyak orang yang menjadikan wiki sarana untuk meraih penghasilan.

Contoh dari website Wikipedia adalah :

  1. org
  2. Org

 

  • Web Portal

Web portal adalah web yang menyediakan banyak informasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya masing –masing. Web portal memberikan akses berbeda bagi setiap individu untuk mengakses dan akses yang dapat di gunakan. Sebagai contoh web portal adalah web yang dibuat oleh universitas untuk membantu kebutuhan dosen, mahasiswa, Tata usaha, dsb. Setiap dari mereka tentu memiliki akses yang berbeda-beda ketika memasukkan username dan passwordnya. Webportal ada juga yang populer dan sering digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia.

Contoh web portal adalah :

  1. com
  2. com
  3. com

 

  • Media Sharing

Website media sharing adalah website yang menyediakan tempat penyimpanan, pembuatan link, dan pengumpulan konten-konten. Website media sharing banyak digunakan saat ini karena membantu memudahkan seseorang ketika akan menyimpan datanya sekaligus dapat melakukan sharing kepada orang lain yang mendapatkan izin dari pemilik konten.

Contoh dari Media Sharing adalah :

  1. ly
  2. Google Form

 

  • Forum

Website forum adalah website yang menyediakan sarana untuk berkumpul antar komunitas atau peminatan sehingga setiap pengguna dapat melakukan share data, share informasi dan pengingatan. Website forum memberikan kebebasan penggunanya untuk menggunakan website tersebut untuk membuat komunitasnya masing-masing. Dalam website forum juga disediakan fasilitas umum untuk dapat menshare konten data yang dapat dilihat oleh para pengguna.

Contoh dari website forum adalah :

  1. Google +
  2. com
  3. com

 

  • Website Sosial Media

Website sosial media adalah website yang menyediakan sarana untuk berbagi informasi, foto, gambar, video, maupun text yang dapat dilihat oleh pengguna lian. Website sosial media merupakan website yang membuat dunia internet menjadi bergairah, sebab dalam sosial media berisi hal-hal yang trend dalam sebuah wilayah bahkan sampai internasional, intertainment, sampai pada aktifitas harian pengguna. Banyak sekali contoh website sosial media diantaranya adalah :

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Linkedln
  4. twitter

 

  • Portal Berita

Website portal berita adalah website yang menyediakan konten berupa berita terkini, artikel-artikel, informasi baik sosial, budaya, hokum,politik, ekonomi, dll. Portal berita menyediakan informasi yang continue dan update sehingga membuat pembaca nyaman dengan informasi terbaru yang disampaikan. Saat ini banyak sekali portal berita yang berkembang di Indonesia dan dunia sebab begitu besarnya potensi pendapatan iklan yang bisa didapatkan dari portal berita.

Contoh dari website jenis ini sangat banyak, diantaranya adalah :

  1. com
  2. com
  3. com
  4. com

 

  • Website Katalog

Dahulu perusahaan retail atau eceran cenderung menggunakan katalog dalam menginformasikan produk dan jasa yang di pasarkan. Saat ini website katalog mulai mendominasi dan berkembang pesat, sebab penggunaan website katalog lebih mudah menjangkau banyak pengguna di dunia. Website katalog sendiri adalah website yang menyediakan informasi berupa gambar terstruktur dan informatif terkait produk dan jasa yang ditawarkan dan biasanya terdapat toko offline untuk memasarkan produk secara tradisional. Website jenis ini biasa hanya terdiri dari gambar, informasi, dan harga yang kemudian dapat secara langsung konsumen tentukan.

Contoh website katalog diantaranya adalah :

  1. co.id
  2. com
  3. com

 

  • Could

Website could adalah website yang menyediakan storage penyimpanan untuk menyimpan produk digital seperti dokumen, folder, gambar, video, dll. Could sendiri merupakan website hasil pengembangan dari email yang pada saat itu kesulitan untuk menyimpan data yang berurukuran besar. Contoh dari website could adalah :

  1. Dropbox
  2. Could

 

  • Online Store

Online store atau toko online adalah website yang menyediakan sarana virtual berupa barang dan jasa berupa gambar,informasi, dan fitur pembelian barang. Website ini menyediakan informasi yang menyediakan transaksi secara online kepada pengguna. Saat ini website online store terus berkembang dan memiliki perputaran uang yagn sangat besar, di Cina saja total penjualan dari website online sampai 1.300 triliun/pertahun, di Indonesia saat sudah semakin marak dan besar seiring kemudahan yang diberikan. Online store sendiri dibagi menjadi 2 bagian diantaranya adalah  :

  • E-commerce

Website e-commerce umumnya melakukan stock barang sendiri sekaligus melakukan pengiriman barang sendiri. E-commerce menyediakan berbagai kemudahan penjualan barang dan keamanan dalam bertransaksi. Contoh dari e-commerce di Indonesia adalah :

  1. co.id
  2. co.id
  3. com
  4. com
  5. id
  • Marketplace

Sementara website e-commerce melakukan stock barang, marketplace seperti namanya adalah tempat penjualan barang dimana fungsi dari marketplace adalah memediasi produsen dan penjual dengan pembeli. Dalam marketplace biro ekspedisi atau pengiriman barang cukup central tidak seperti e-commerce yang memiliki biro ekspedisi sendiri. Contoh dari marketplace di Indonesia adalah :

  1. Bukalapak
  2. Tokopedia
  3. cakning

 

  • Blog

Website blog adalah website yang menyediakan konten pembuatan halaman, posting, dan kategori bagi para penggunanya. Blog juga dapat dikatakan sebagai website mini sebab tampilannya mirip dengan website hanya saja lebih sederhana. Aktivitas blog diantaranya adalah post dan komentar. Saat ini peran blog sudah tidak sederhana lagi banyak perusahaan yang mengembangan blog untuk meningkatkan pangsa pasar penjualan. Blog dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan individu dan perusahaan, semakin lengkap konten blog akan semakin menarik pembaca kedalam blog yang dikelola. Kekuatan dari blog adalah konten dan tema yang akan dibahas pada salah satu bab pada buku ke-2 dari bisnis online.

Contoh dari blog adalah :

Kuriar.blogspot.com

Pemasaranbisnidaring.wordpress.com

Blog-bukalapak.com

  • Archieve

Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya adalah archieve.org.

  • Social Bookmarking

Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Beberapa situs social bookmarking adalah :

  1. me
  2. com

Konten website

Dilihat dari segi kontennya, website terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Website Statis

Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang yang mengerti mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman website. Website jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang disampaikan ditulis langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang diupdate misalnya Company Profile.

  1. Website Dinamis

Website dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen dengan kata lain, sudah menerapkan sistem Content Management System untuk informasi yang disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten pada halaman website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman. Melihat dari segi fungsionalitasnya, website seperti inilah yang sekarang banyak digunakan.

  1. Merancang Website
  2. Mempersiapkan Nama Domain

Langkah pertama dalam membuat website adalah membuat domain, domain sendiri adalah alamat pada situs yang m

  1. Mempersiapkan Housting Website
  2. Menentukan segmen pasar
    1. Topik yang dibahas
    2. Identitas calon pembaca
    3. Gaya tulisan
    4. Desain dan logo persuasive
  3. Membuat Taksonomi web
  4. membuat isi halaman pada website
  5. menentukan kategori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *