mengenal teknik-Teknis SEO ?

mengenal teknik-Teknis SEO ?

Hari ini bisnis online berkembang begitu pesat dan menarik untuk di ikuti. Sebab, pelakunya semakin banyak dan variatif namun yang serius menggeluti rasanya sedikit sekali bila dibandingkan dengan penggunanya.

Di Dunia ini kita dapat pilihan untuk hanya jadi pengikut atau berjuang membuat orang mengikuti kita.

Dalam dunia bisnis online sekarang ini  SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya agar orang mau mengikuti kita, membaca isi dari blog atau website kita, ikut berkomentar, dan yang pasti dari itu semua terdapat potensi keuntungan yang besar baik secara financial maupun non finansial.

Sebagai contoh sebuah website yang berada di urutan pertama pada google akan mendapatkan pembaca yang tentu lebih banyak, terburuknya website anda hanya akan dibuka kemudian ditinggalkan, kabar baiknya tentu pengunjung pasti akan datang.

Nah, ternyata tidak semudah yang kita pikirkan membuat sebuah website dapat muncul di halaman pertama google.

Ngomong-ngomong kenapa google yang jadi tujuan kita ?

Jawabannya sederhana siapa yang tidak mengenal google ? semua orang mengenal dan menggunakannya sebab orang menganggap google mendatangkan manfaat yang besar untuk mereka.

Sebelum saya memperinci artikel ini anda sudah tahu ya kenapa sebuah website bisa no.1 atau minimal 10 besar dan masuk halaman pertama.

Website yang memberikan manfaat besar bagi pengguna akan menghadirkan banyak pengunjung, dan siapa yang mampu mendatangkan pengunjung akan mendapatkan kesempatan keuntungan yang besar.

Begitulah SEO seseorang berharap websitenya 10 besar di hasil pencarian google atau istilahnya SERP ( search Engine Result page) bisa dibilang hasil pencariannya yang berhasil dirangking.

Jangan salah, sekarang ini banyak orang yang menyewa tenaga ahli dalam SEO ini loh. Bayaran mereka sangat besar bisa diatas 10 juta untuk sekali proyek, saya tahu dari mengecek web penyedia jasa SEO. Kalau mau instan bisa, tinggal bayar di google adsword anda akan dipasang oleh google pada kolom iklan yang pasti no. 1 sampai 5 namun untuk bertahan 1 bulan saja dana yang besar juga harus dikeluarkan tergantung harga keyword.

Lalu apa itu teknik SEO ?

Teknik SEO adalah sebuah teknik untuk menaikkan popularitas dan pengunjung sebuah website agar optimal.

Jadi SEO ada tekniknya? Jawabannya ia, sebab segala sesuatu bila menggunakan teknik yang tepat lebih baik dari 1000 percobaan.

Populer artinya website kita dikenal oleh banyak orang dan dibuka oleh banyak orang pula, sedangkan pengunjung yang banyak dan rutin juga dibutuhkan agar website anda dapat mendatangkan keuntungan untuk anda.

 

Teknik SEO dibagi kedalam 2 bagian :

Teknik SEO dibagi kedalam 2 bagian yang dikenal dengan istilah dibawah ini :

Black SEO

Black SEO merupakan teknik curang dan cepat bagi para pemilik website agar unggul dalam pencarian google, bila ketahuan oleh google akan di banned sehingga mampu menurunkan rating sebuah website.

White SEO

Sementara, white cara yang sesuai arahan dan pedoman google, perlu waktu lama namun daya tahannya juga lebih efektif.

Teknik white SEO biasanya dikenal dengan SEO On Page ( dalam web) dan SEO Off Page) atau luar web.

Saya mau bahas white SEO ini. 3 kunci utama white SEO adalah :

Pastikan link anda berkaitan, tidak menipu apalagi gak nyambung. Perhatikan bagaimana situs berita memberikan link pada berita yang dibawakan, itulah contoh sederhana link berkaitan.

Konten harus terkait dan tidak asal buat bahkan Cuma banyak keyword saja, pernah baca keyword atau kata yang diulang-ulang namun tidak jelas konten artikelnya. Kalau pernah ketemu web seperti itu, mereka sedang melakukan black SEO, kita sendiri pasti langsung kabur dari website tersebut bukan.

Keyword juga harus relevan tidak dibuat-buat atau diulang-ulang

Semua ini kunci sukses anda SEO secara White SEO.

Selain itu, website yang melakukan White SEO yang baik akan memberikan konten-konten yang berkaitan dan bermanfaat.

Orang yang membacanya pun rasa nya ingin share artikel yang anda buat ke media sosial. Jangan lupa sediakan tautan untuk menshare artikel yang anda buat.

Selain itu, tautan anda kepada sebuah web yang populer seperti Wikipedia, bila ada istilah yang perlu dipahami oleh pembaca apa salahnya berikan link ke Wikipedia. Kenapa Wikipedia?

Wikipedia merupakan situs yang populer dan paling sering muncul di urutan  pertama Karena saking lengkapnya khasanah didalamnya, jika kita taruh link di Wikipedia membantu mendongkrak website kita lebih efektif.

Lalu bagaimana dengan black hate SEO ?

Teknik ini termasuk kategori teknik yang mendongkrak sebuah website secara tidak wajar, kadang membuat sebuah website menjadi tidak beraturan, untuk jangka panjang tidak disarankan menggunakan black hate.

Beberapa teknik yang dikenal dalam black hate SEO diantaranya adalah :

  • Link farming
  • Doorway pages
  • Keyword stuffing
  • Auto generated pages
  • Scraper pages
  • Invisible text
  • Dan banyak lagi.

Coba kita bahas satu persatu

Link farming adalah teknik membuat sebuah link begitu banyak pada sebuah halaman web. Dalam satu pages terdapat ratusan bahkan ribuan link yang dibuat dengan menggunakan alat bantu. Hasilnya website jadi banyak referensi sehingga menaikkan ratting, bila ketahuan siap-siap di banned google.

Sekarang keyword stuffing atau sebuah teknik penerapan keyword yang dibuat berulang, sebagai contoh dibawah ini, kalimat pulau tidung yang diulang-ulang merupakan contoh keyword stuffing.

Doorway pages adalah sebuah halaman HTML sederhana yang berisi sejumlah keyword maupun kalimat-kalimat tertentu yang relevan dengan keyword dari halaman situs utamanya yang umumnya  membentuk spamdexing. Gampangnya pernah buka sebuah situs namun terdapat 2 tab yang terbuka dan salah satu situsnya adalah iklan. Contoh lainnya adalah pop up advertising.

Scraper pages adalah isi konten sebuah website yang isinya hasil copy paste tanpa tanggung jawab sebuah artikel pages pada website orang lain, walaupun instan tapi cara ini tak mendidik, malah bikin website jadi tak menarik.

Sementara invisible text adalah text yang sengaja dibuat kurang terlihat atau kurang terbaca. Pernah lihat artikel web dengan background hitam namun tulisan berwarna coklat. Hal ini memaksa orang untuk melakukan blocking tujuannya agar iklan dapat terklik tanpa di sengaja.

Saya kira itu saja dulu ya penjelasan tentang apa itu teknik SEO. Semoga artikel ini bermanfaat. Wassalam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *