Memulai Bisnis Online bagi pemula

Memulai Bisnis Online bagi pemula

 

Siapa yang tidak ingin sukses dalam kehidupan, apalagi dalam masalah financial. semua mengejar kearah situ. walaupun dunia ini sementara tapi rasanya kenyamanan financial mesti diraih juga. setidaknya jika bukan untuk kita tentu kita bisa berbagi buat yang lain.

bisa memenuhi kehidupan keluarga kecil kita, bisa beli rumah, atau setidak nya bisa bantu orang lain yang kesusahan disekitar kita.

mau mulai bisnis pun kita harus bisa memutuskan mau fokus bisnis atau sambil bekerja. rata-rata kalau bisnis di geluti sambil bekerja hasil nya tidak akan maksimal. bisa jadi diantara keduanya malah ada yang berantakan sampai gagal.

namun tentu gagal orang yang mencoba merupakan langkah -langkah kesuksesan, jadi kita tak perlu berkecil hati. kecuali anda tidak pernah mencoba atau malah diam saja.

baiklah lalu bagaimana supaya kita punya bisnis?

jawabannya salah satunya adalah dengan membuat toko virtual atau bisnis online kita.

bisnis online ini menarik sebab kita bisa bekerja dan mengelola bisnis tanpa modal besar, anda bisa pelan- pelan sesuai kemampuan anda, sayapun demikian.

awalnya saya coba memulai mengikuti sebuah kursus, namun saya merasa harus datang ketempat kursus dan ditempat kursus bisnis online pun tak sesuai ekspektasi saya. saya memutuskan belajar otodidak. ternyata saya dapat banyak wadah yang mampu membuat saya makin mengerti dan yakin menjalankan bisnis online.

motivasi saya hanya satu, bila ada ikhtiar pasti ada jalannya. hanya saja iktiar itu melalui jalan yang berliku dan kadang prosesnya tidak seperti yang kita harapkan tentu karena kita harus banyak mempersiapkan diri untuk disiplin dan memperbaiki kesalahan yang ada.

baik saya berikan kunci dari mana kita bisa memulai belajar secara online, saya memulai dengan cara dibawah ini.

1#

Panduanim.com, disini saya belajar istilah dan runut tentang bisnis online yang akan saya masuki. tapi saya tidak batasi hanya website diatas, ada banyak website lain seperti maxmanroe.com dll

2#

sambil belajar saya praktek buka toko online di marketplace seperti tokopedia.com , bukalapak.com, atau shopee.co.id. mengapa dimulai dari sini karena sangat mudah untuk mulai jualan tanpa jelimet membuat sebuah website.  selain itu, berbeda dari lazada atau jd.id yang merupakan e-commerce dan berbeda platform marketplace amat memudahkan orang berjualan. dari situ anda akan tahu bagaimana barang yang laku terjual dan sebagainya, istilahnya belajar pelan-pelan sambil memperhatikan, jangan lupa juga sediakan e-banking karena itu kunci kemudahan menggunakan marketplace.

3#

mulailah mempelajari apa itu dropship, reseller, affiliate ketiga hal ini amat membantu buat kamu yang ingin memulai dengan modal terbatas.

4#

Penting juga untuk mulai membuat website yang menarik,saya belajar membuat website dari w3schools.com (berbahasa inggris) atau codepolitan.com (berbahasa Indonesia).

5#

waduh rasanya buang-buang waktu nih harus belajar coding. saya memang merasa awalnya seperti itu,namun untuk beberapa hal dalam membuat web itu penting juga. tapi kalau tetap memaksa ya sudah.

langkah ke-4 milikilah sebuah website sebab dari website portofolio kesuksesan kita dapat diraih. website yang baik adalah website yang memiliki kebermanfaatan untuk banyak orang, selama website anda bermanfaat uang akan datang seiring berjalannya waktu teman-teman.

6#

buatlah website TLD seperti .com .net atau .web caranya cukup beli domain dan hosting. saya kasih tahu nih tempat beli hosting dan domain termurah yang pernah saya tahu tentunya. kamu bisa membelinya di domainesia.com.

pakai link ini selain dapat potongan kamu akan tahu bahwa dengan uang receh dapat buat domain dan hosting, saya pengajar dan mengajarkan bagaimana membuat website TLD dan murid saya dapat membuat website hanya dengan modal dibawah 50 rb, asik bukan?

7#

kalau masih susah juga, kamu bisa buat toko online di jarvis-store.com disini kamu bisa punya toko online berbasis TLD dengan mudah dan kamu juga dibantu dalam SEO toko kamu. Lalu apa itu SEO? SEO adalah kegiatan mengoptimalkan website kamu agar tampil di nomor satu mesin pencarian seperti google.com. kalau berhasil di nomor 1, kamu akan dengan mudah menjual barang yang kamu jual, asik bukan?

8#

sambil belajar cobalah belajar tutorial dari youtube.com, sehari belajarlah satu dua video gak usah banyak-banyak satu atau dua yang penting paham akan membantu anda dalam mengoptimalkan pemahaman anda dalam bisnis online.

9#

belajar membuat desain untuk promosi anda. wah sekarang harus belajar desain juga? itu anggapan saja teman-teman, fokus kita adalah menjadi penguasa pasar, promo yang efektif dari desain yang bagus akan menarik pembeli ketoko anda.

kabar baiknya kalian dapat membuat sebuah desain gratis melalui canva.com, dari sini semua bermula bagaimana membuat sebuah website anda dan promosi anda lebih menarik. canva sangat mudah dan tak sulit bahkan buat anda yang tak menyukai desain.

10#

mulai jualan!!! banyak produk diluaran sana yang dapat anda pasarkan, karna pada dasarnya market atau pasar tidak terbatas, enaknya bisnis online sekarang anda dapat menjual apa saja, yang pasti sesuai dengan passion anda. semua orang butuh passion bukan? bahkan untuk orang yang hanya suka tidur ia dapat menjual produk untuk orang yang suka tidur seperti bantal, kipas, obat tidur, dll.

yang pasti passion atau minat anda, bukan berarti anda tukang tidur ya! bukan maksud saya menjelekkan anda. tapi ada minat yang kalau anda jual barang tersebut anda amat percaya diri.

memulai jualan itu mudah

11#

saving uang untuk kursus bisnis online anda untuk membeli barang dagangan, belilah barang dagangan yang bisa anda jual langsung kepasaran terutama teman dekat anda, daripada untuk kursus yang bisa jadi anda akan menyesal mending buat bisnis sambil anda terus belajar bisnis online itu apa. nanti anda akan melihat bahwa unskill pun anda bisa menerapkan bisnis online dalam kehidupan anda.

12#

punya website jangan dianggurin juga, sebenarnya anda bisa daftarkan ke google adsense dimana anda akan dipasangkan berbagai iklan yang kontennya pasti positif dan mendatangkan uang untuk anda. dengan mendaftar ke google adsense anda akan banyak menghasilkan pasif income bahkan sampai puluhan juta perbulan.

ngomong -ngomong apa itu google adsense? google adsense sendiri adalah wadah periklanan yang disediakan google dan kita akan di bayar per klik bila ada pengunjung yang mengklik iklan pada website kita. jadi semakin ramai website anda, potensi klik anda akan besar, model periklanan ini dikenal dengan pay per klik.

13#

gabung forum seperti ads.id bila kamu sudah paham dan mengerti istilah-istilah bisnis online, kalau benar-benar pemula kamu akan bingung, saran saya mulai bertahap dari nomor 1 dulu.

14#

kamu juga bisa mengiklankan produk kamu di twitter ads, instagram ads, dan facebook ads. kenapa perlu beriklan di media sosial, karena bagi beberapa orang buat iklan di media sosial itu sangat tertarget jadi gak akan nyasar, misal kamu buat iklan untuk remaja 17 sampai 20 tahun, sulit kiranya iklan kamu akan nyasar ke ibu-ibu atau bapak-bapak yang sudah diatas 40 tahun, kecuali memang mereka salah mengisi tanggal lahir.

selain itu medsos memberikan data konsumen yang sangat terkategori dengan spesifik mulai dari penghasilan, hobi, cita-cita, preferensi,dll.

saya kira hal diatas adalah hal yang saya alami, yang pasti belajar bisnis online itu sangat menyenangkan apalagi dapat penghasilan yang tidak terduga.

intinya bertahap dan tidak terburu-buru dalam menjalankan bisnis online, sebelum terlambat ya.

saya masih ingat 5 tahun lalu tokopedia, bukalapak, traveloka, gojek, dll mungkin belum kita kenal, sekarang asset mereka bahkan sudah ada yang melebihi asset Garuda Indonesia. wow bukan.

saya dikasih bocoran 10 tahun lagi kita akan menyesal bila tidak menjual produk bahkan kalau kita tidak memulai bisnis online.

oke itu dulu ya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *