Apa itu Seo?

Apa itu Seo?

Internet sudah menjadi hal yang sering kita temui dalam kehidupan kita, dunia maya terkesan begity familiar saat ini. Kemajuan teknologi dan mudahnya akses menuju jaringan internet membuat kita semakin intens berinteraksi dengan internet dan mengakses dunia luar.

Internet makin sering digunakan dan berkembang diawali dengan ditemukannya World Wide Web (WWW). WWW menjadi semacam Gateway atau sebuah gerbang yang mengkoneksikan kesegala hal pada dunia internet. Sehingga seseorang yang ingin mengakses jejaring internet pasti akan memasuki gerbang ini terlebih dahulu.

Mengetahui dasar dari internet inilah kita akan lebih mudah untuk memasuki dan mempelajari tentang SEO itu sendiri.

Lalu apa itu SEO ?

SEO merupakan kependekan dari Search Engine optimization, yaitu semacam teknik untuk membuat sebuah website dapat diranking lebih awal dibanding website lain. Bisa kita bayangkan ada berapa milliar website saat ini, lalu ada berapa juta judul dan pencarian kata yang sama, sehingga bila kita tidak menerapkan SEO bisa tenggelam website kita tak kunjung di datangi atau dibaca.

Lalu timbul pertanyaan memang kenapa sebuah website harus hadir paling awal?

Jawabannya adalah apa tujuan kita membuat sebuah website, apakah Cuma dibuat saja atau ingin menjadi referensi untuk orang lain.

Saya pendidik yang mengajarkan anak didik saya tentang SEO ini, mereka rata-rata kurang tertarik diawal sebab kecanggihan teknologi saat ini membuat pekerjaan ini kurang menarik. Lalu seiring berjalannya waktu mereka semakin menyukai mengoptimalkan SEO pada website mereka karena tahu manfaat besar dari sebuah website yang rutin dikunjungi.

SEO sendiri adalah teknik untuk memperbaiki ranking/ urutan hasil pencarian di search engine.

Search engine paling terkenal saat ini adalah Google, bing, dan yahoo.

Dengan cara apa SEO di lakukan yaitu dengan cara-cara dibawah ini :

  • Title Tag

Judul dalam suatu dokumen, ketika pertama kali melihat tampilan website pada mesin pencarian, title tag Bisa juga dijadikan judul Blog atau Website.

  • Meta Description

Meta Tag adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs berupa deskripsi yang memperjelas maksud website. Meta tags kadang tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya.

  • Meta Keyword

meta news keywords adalah Meta keyword yang hanya digunakan oleh para blogger yang menjalankan blog atau webisitem, disebut meta news keyword, karena hanya blog atau website berita yang disasar oleh meta tag ini.

  • Img Alt

Img Alt adalah sebuah identitas yang menunjukkan image agar dapat di baca dan diterjemahkan oleh mesin pencari. pada dasarnya google tidak dapat mengetahui sebuah gambar kecuali terdapat Img Alt

  • Dan Body tag

sementara body tag adalah kata kunci yang di taruh pada bagian body untuk mendonkrak tampilan situs pada mesin pencarian secara lebih maksimal.

Apa penjelasan dari hal diatas, baca terus artikel di bawah ini. Dan yang pasti bila kalian ingin mempelajari terus SEO jangan lupa untuk terus mencari pengetahuan dan menambah pengetahuan melalui mesin search engine seperti google bahkan buku yang referensi nya lebih lengkap.

Sekali lagi kenapa begitu penting SEO ini?

Sebab bila website kita mudah ditemukan oleh search engine, ketika seseorang mengetik sebuah keyword atau pencarian secara tidak langsung akan meningkatkan website pencarian kita, dan pengungjung website akan rutin masuk dan melihat website kita. Bila kita sudah punya pengunjung yang tetap dan konsisten hasilnya akan banyak pundi uang yang bisa kita dapatkan.

 

Apakah hanya uang tujuan dari SEO, tentu tidak sebab segala sesuatu tidak dapat diukur dengan uang ada potensi dahsyat dalam hidup yang dapat kita dapatkan melalui pengoptimalan website kita. Contoh bila anda seorang pendakwah akan banyak orang yang mendapatkan referensi dari anda dan itu ladang pahala juga, selain itu, bila anda seorang konsultan, seorang yang memiliki toko tentu anda akan dikenal dan akan banyak yang mengetahui anda bahkan mereferensikan anda kepada orang lain.

Sementara itu ada tujuan lain dari mempelajari SEO diantaranya adalah :

  1. Bisa meningkatkan keberadaan website anda, pengunjung makin ramai
  2. Dapat membaca hasil halaman, bahkan tahu saat ini anda berada diperingkat berapa.
  3. Bisa mempraktikkan strategi dasar optimasi seperti kata kunci yang tepat, konten yang tepat, mengukur tingkat keberhasilan dan kemajuan dalam merancang strategi website anda agar semakin banyak pengunjung. Mudah bukan.

Lalu sebelum kita benar-benar ingin memulai SEO anda ? coba lihat apakah website anda sudah memenuhi syarat dasar SEO yang baik.

  1. Apakah artikel di website anda sudah lebih dari 10 artikel, kenapa 10 artikel? Pada dasarnya lebih banyak lebih baik, hanya saja bila terlalu sedikit google juga akan mempertimbangkan website lain yang punya artikel lebih banyak.
  2. Lalu cek status website anda , apakah terkena banned atau tidak? Banned artinya google search membaca bahwa artikel yang anda buat mungkin memenuhi kriteria dibawah ini. Konten tidak asli, mengandung konten SARA dan pornografi, atau hal lainnya yang terlarang. Caranya cukup mudah tinggal masuk ke halaman http://www.seomastering.com/google-banned.php, masukkan URL website anda kemudian klik continue. Kalau memang terkena banned akan ada keterangan dari google.
  3. Yang paling penting adalah pilih konten halaman yang bermutu dan berkualitas. Menurut saya hal ini yang paling penting dari semuanya, sebab bila artikel anda bermutu dan berkualitas, enak dibaca akan banyak orang yang menshare artikel anda kepada orang lain dan itu menaikkan pencarian anda secara tidak langsung.
  4. Satu lain sebagai bonus, anda mungkin harus mengetahui bahwa keyword dalam tulisan anda juga sangat mempengaruhi posisi website anda. Bila keywordnya kurang menarik atau biasa saja tentu jarang yang akan melihat website anda. Untuk itu key word pada judul anda akan mempengaruhi tampilan website anda.

Saya kira itu dulu ya, mudah-mudahan hal ini dapat memperkuat pemahaman kita sebelum kita benar-benar memulai mempelajari SEO lebih dalam secara praktek.

Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *