apa itu mesin pencari

apa itu mesin pencari

website pencarian adalah hal yang mungkin website paling populer saat ini. siapa yang saat ini tidak pernah menggunakan mesin pencarian di internet. mesin pecarian amat memudahkan seseorang dalam kehidupannya. sekaligus membantu menyelesaikan permasalahan hidupnya. mesin pencari atau search engine saat ini yang paling populer adalah google.com, dan bing.com.

mengetahui fungsi pencarian akan memudahkan kita untuk mempelajari dan mengoptimalkan website kita pada mesin pencarian. apalagi saat ini begitu banyak website yang di ranking oleh mesin pencarian seperti google.

mesin pencarian saat ini begitu beragam, di Indonesia yang paling populer adalah google bahkan di global merajai pencarian dunia. bahkan pangsa pasarnya mengusai 80 % lebih pencarian global.

menurut wikipedia, Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.

selain itu, mesin pencarian merupakan website yang mengumpulkan serta mengorganisir konten dari seluruh bagian yang terdapat internet. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan saran Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari. Hasil halaman pencarian, biasa disebut search engine results page atau SERP.

apa keuntungan menjadi mesin pencarian.

dalam bisnis siapa pemilik traffik pengunjung tentu akan memiliki potensi besar untuk mendatangkan uang, perusahaan besar seperti facebook, twitter, youtube, mengandalkan sebagian besarnya untuk pendapatan uang berupa iklan bersponsor.

sebelum lebih jauh kita berkenalan dulu dengan website -website pencarian seperti google.

  1. bing.com , mungkin saingan terbesar google saat ini adalah bing yang merupakan produk pengembangan dari microsoft ini. Melansir laman Statista, per April 2018 mesin pencari online Bing menyumbangkan 6,45 persen dari seluruh pasar pencarian global.
  2. baidu.com,  baidu merupakan mesin pencarian dari china, disana google sempat dilarang karena negeri tirai bambu itu begitu protek terhadap produk dari luar.
  3. yahoo.com , bila dalam bisnis anda tidak bisa berimprovisasi anda akan kalah dengan pesaing anda, kuncinya tentu adalah inovasi. dahulu tentu sebelum google sebesar sekarang kita tentu baru mengenal yahoo. namun karena seiring perkembangan zaman yahoo semakin kurang populer.
  4. Yandex.com, mesin pencari yang sekarang paling populer di Rusia adalah Yandex memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen di negaranya sendiri dibandingkan Google sekitar 46 persen. Mesin pencari ini juga hadir di negara lain seperti, Ukraina, Kazakhstan, Turki, dan Belarusia.
  5. Naver.com, juga merupakan website yang terkenal di korea selatan saat ini,melalui  algoritmanya yang menggunakan bahasa Korea ya, Naver memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan Google. Hal tersebut juga dikarenakan perbedaan syntax Korea yang sangat berbeda dengan bahasa Inggris.
  6. selain nama tadi kita juga dikenal ask.com ,duckduckgo, dogpile, dan banyak lagi.

begitu besarnya potensi mesin pencarian sehingga website berbasis database ini harus menyiapkan tempat yang luas untuk servernya.

lalu seperti apa cara kerjanya?

Mesin pencari menggunakan program yang dikenal dengan istilah spiders, robots, atau crawlers. sistem ini menjadi andalan google sebab begitu cepatnya akses yang diberikan untuk memindai website-website yang ada. sehingga hal ini dimanfaatkan para SEO / orang yang ingin website nya diperingkat pertama untuk menyebarkan linknya. Hasil dari pencarian crawler ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index internet yang menjadi hasil pada halaman web.

Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan menyajikan informasi  berupa hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta gambaran tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *