Dampak Positif dan Negatif Era Digital

Dampak Positif dan Negatif Era Digital

https://www.riaume.com

Segala sesuatu dalam kehidupan ini tentu memiliki unsur negatif dan positif, sesuatu yang baik pun bisa menjadi tidak baik jika tidak digunakan dengan semestinya. Makan tentu merupakan kegiatan positif dalam kehidupan dengan makan kita dapat melanjutkan kehidupan dan menguatkan diri kita dalam beraktifitas. Akan tetapi, akan menjadi sesuatu yang negatif kalau makan itu dilakukan secara berlebihan, makan yang tidak halal, makanan yang tidak sehat, atau makanan yang kotor. Begitu juga dengan teknologi yang serba era digital ini .

Era Digital adalah sebuah Era dimana segala sesuatu berubah menjadi digit atau angka. Perlu diketahui bahwa teknologi komputer itu adalah sebuah bahasa biner yang hanya menerima input 1 dan 0. Timbul pertanyaan bagaimana 1 dan 0 ini bisa menjadi program komputer, layanan web, chatting, gaming, dll. Jawabannya, karna bahasa biner itu dibaca oleh alat yang canggih istilahnya bahasa pemrograman, seperti HTML, C++, CSS, Java, Javascript, dan ribuan bahasa pemrograman lainnya.

Era digital lah yang membuat segala sesuatu menjadi digital, dahulu Jam berbentuk jarum kemudian berubah menjadi jam dengan numerik tanpa jarum dikenallah jam digital. Lebih dalam lagi kita mengetahui ada peta digital, buku digital, musik digital , kalender digital, kalkulator digital, dan banyak lagi. Sekarang segala sesuatu ada duplikasi nya dalam digital. Digital sendiri awal tujuannya sangat baik yaitu membantu hidup dan kebutuhan manusia. Namun ternyata ada juga dampak negatifnya berikut adalah dampak positif dan negatif dari era digital sekarang ini.

Dampak Positif Era digital.

  1. Informasi datang lebih cepat
  2. Tumbuhnya Inovasi tak terbatas yang memudahkan proses bekerja kita.
  3. Meningkatan kualitas sumber daya manusia
  4. Memunculkan media massa digital, sebagai sumber pengetahuan masyarakat
  5. Munculnya sumber belajar seperti perpustakaan online, media pembelajaran online, diskusi online
  6. Munculnya E-bisnis seperti toko online yang dapat menyediakan barang dengan mudah.

Dampak Negatif Era Digital.

  1. Ancaman pelanggaran HKI ( Hak Kekayaan Intelektual )
  2. Ancaman Berfikir pintas dan kurang konsentrasi
  3. Ancaman penyalahgunaan pengetahuan
  4. Saling menghujat di Media Sosial
  5. Kurangnya kepedulian sosial secara mikro
  6. Ancaman merosotnya Nilai moral

Akhirnya, perlu adanya kontrol diri, bahwa teknologi ini adalah sarana bukan tujuan yang kemudian melalaikan kita, atau bahkan membuatkan kita dapat melakukan segala cara tanpa adanya kode etik dalam penggunaannya. Walaupun kondisi masyarakat sekarang ini seperti demam teknologi, namun mudah-mudahan kita dapat memproteksi diri dari dampak negatif era teknologi dan memanfaatkan keunggulan positif dari teknologi itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *