Sejauh mana kita menguasai teknologi?

Sejauh mana kita menguasai teknologi?

Secara etimologi, akar kata teknologi adalah “techne” yang berarti serangkaian metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan sebuah objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang metode dan seni.
Kata “teknologi” juga dapat digunakan untuk merujuk kepada kumpulan teknik. Dalam konteks ini, itu adalah keadaan saat ini dari pengetahuan manusia tentang bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan, untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan.

Menurut Poerbahawadja Harahap, Teknologi adalah :

  1. Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik
  2. Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ;

  1. Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan
  2. Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

Jadi, Teknologi sendiri adalah kumpulan teknik dan gabungan cara dalam mengelola sumber daya, baik berupa cara-cara kerja, ilmu yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan hidup manusia.

Perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi sekarang ini, dan pergeseran masyarakat menjadi lebih melek teknologi juga dibarengi dengan adanya digitalisasi di berbagai bidang. Salah satunya di bidang teknologi. Aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab, maupun Uber menjadi salah satu aplikasi yang merupakan gaya hidup masyarakat perkotaan. adalah salah satu contoh dari perkembangan teknologi saat ini yang orang lain dulu sulit membayangkannya.

Meningkatnya pembangunan infrastruktur jaringan mendorong masyarakat dapat dengan mudah mencoba berbagai aplikasi dan konten digital baru yang tersedia. Jika sebelumnya layanan telepon langsung dan pesan singkat (Short Messaging Service — SMS) banyak digunakan, saat ini layanan yang lebih banyak digunakan adalah aplikasi-aplikasi instant messaging, panggilan telepon melalui internet (Voice Over Internet Protocol – VoIP), dan tentunya media sosial.

Selain itu, Ada pula perubahan dari segi jual-beli barang. Meskipun jumlahnya masih belum mayoritas, namun peminat perdagangan elektronik atau e-commerce terus meningkat. Tak hanya lewat situs-situs marketplace, namun media sosial seperti Facebook atau Instagram juga kerap digunakan masyarakat untuk bertransaksi.

Perkembangan teknologi yang terstruktur juga terlihat dengan adanya transformasi digital di sektor pemerintahan. Perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan publik. Aplikasi yang dimaksud antara lain Lapor!, Qlue, Jakarta Smart City, serta layanan Satu Data yang jika dikelola dengan baik dan digunakan sesuai fungsinya dapat memperbaiki transparansi dan efektivitas pelayanan publik. lalu sudah sejauh mana kita menguasai teknologi yang terus berkembang? belajar dan belajar adalah kunci jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *