13 persiapan wajib sebelum mendaftarkan blog di google adsense

13 persiapan wajib sebelum mendaftarkan blog di google adsense

sudah punya website dan blog, kalau sudah anda punya modal besar untuk menjadi seorang yang sukses dalam dunia digital marketing. sebab website dan blog adalah muara, anda bisa lihat youtuber sukses yang hari ini banyak di gandrungi orang. saya sering ditanya bagaimana cepat sukses di youtube oleh murid saya disekolah.

daftar isi

jawaban saya sederhana, mereka mampu membangun merek/brand di era digital marketing seperti sekarang ini.

ya brand adalah hal yang lebih penting sebelum anda menjadi seorang youtuber, seorang influenser, atau apapun itu yang suatu saat akan berkembang pesat.

bangun brand anda dulu, ya kembali ke website dan blog lah anda dapat membuat brand muara bisnis digital marketing anda kelak.

ya, membangun website anda sendiri dari tidak dikenal orang sampai menjadi acuan itu bukan soal mudah. bila anda seorang praktisi, akan lebih hebat bila anda punya blog atau website, kebermanfaatannya lebih besar dibanding anda memproduksi buku mungkin.
ya, saya bicara efektifitas ya.

kembali ke judul ya, disini saya mau share bagaimana mempersiapkan website kita terutama agar website kita bisa di terima oleh google adsense.

apa lagi tuh google adsense? google adsense adalah sarana periklanan google antara anda pemilik website dengan google sendiri, dimana anda bersedia untuk website anda di pasang iklan oleh google ditempat-tempat yang anda persilahkan dengan memasukkan kode unik pada antar head pada html blog atau website anda.

mudah-mudahan definisinya bisa dipahami ya.

jadi, kalau website anda diterima oleh google dan menayangkan iklan seiring berjalannya waktu kan blog anda akan ramai pengunjung, tentu setelah banyak konten yang bermanfaat sehingga banyak orang yang membuka. akhirnya ada yang lihat web anda, dan anda sendiri akan dapat monetize atau potensi income money, punya potensi iklan dalam website anda di klik, jadilah share keuntungan antara anda dan google.
yang pasti hasil jerih payah anda akan manis di kemudian hari, tentu setelah anda bersabar dan terus belajar membuat konten menarik.

agar anda sendiri tidak ditolak atau lama diterima oleh google, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh anda sendiri, agar website anda diterima oleh google.

1, pastikan blog anda terdapat minimal 30 artikel

buat saya ini penting, saya sering bilang kemurid saya ketika dikelas, perbanyak artikel dulu ya di website atau blog kamu, nanti dengan otomatis kamu akan diterima google adsense,dan mulai mendapatkan keuntungan.
buat 30 artikel buat pemula memang bukan pekerjaan mudah, begitupun saya, kesulitan mencari konten,pas googling semua artikel sudah ada dan lengkap bikin gak percaya diri.
tapi lama-lama percaya diri tumbuh, seiring berjalannya waktu tentunya.
jadi, pastikan anda sering update artikel 30 ini sudah cukup untuk google mereview dan kemungkinan anda akan diterima oleh google adsense.

2, pastikan usia sudah 18 tahun

ini bukan persiapan untuk iklan dewasa ya, tapi memang begitu syarat google, dari mana google tahu kita sudah 18 tahun, dari tanggal ulang tahun di gmail kita. waktu saya mengajar di kelas 32 siswa saya tidak ada yang diterima adsense. setelah ditelusuri ternyata umur di gmail belum sampai 18 tahun wal hasil google adsense menolak permintaan dari akun google adsense di bawah 18 tahun.

3, cek apakah website anda di banned

ini juga penting, pas kalian buat konten apakah kalian suka copy paste. ya, copy paste sangat berbahaya buat website anda karna rentan di banned oleh google. jadi sebelum daftar cek dulu apakah website anda di banned oleh google, ditempatkan dalam daftar akhir pencarian google, jadi website anda di taruh paling buncit, dan dipastikan orang males cari website di urutan buncit.

4, pastikan konten berkualitas

menulis di website haruslah punya konten yang berkualitas, mau tahu seberapa kualitas konten dalam sebuah website. cek saja top rank di google pencarian, coba baca artikelnya, ngeri-ngeri sedap bukan? maksudnya apa? kamu akan lihat konten yang sangat berkualitas dari sebuah website, artikel nya lengkap kadang jumlah katanya diatas 2000.
ngeri bukan, nah google suka dengan artikel yang berkualitas mulai dari internal link, backlink, jumlah kata, gambar, dsb.

5, buat halaman privacy police

ini salah satu syarat administratif dari google ya, kamu harus punya privacy police website kamu. banyak juga sih website yang menyediakan cara membuat privacy police buat website kamu, tinggal seaching saja.
kamu tinggal masukkan website kamu dan email nanti tinggal copy saja.
privacy police wajib ada dan tidak bisa tidak bila anda ingin mendaftarkan website anda di google adsense ya.

6, buat halaman tentang /about

ini juga salah satu syarat administratif di google adsense, jadikan halaman dan masukkan dalam salah satu menu website kalian. nantinya google adsense akan melihat halaman tentang kalian sebelum menerima website kalian untuk di monetize oleh google adsense.

7, buat halaman contact us

google adsense menginginkan website anda adalah website yang kreadible. syarat selanjutnya adalah contact us, biasanya ini ditaruh pada footer website ya. jadi tanpa contact us, google akan sulit menerima anda dalam program adsense. jadi sudah tahu ya, kenapa hampir disetiap website ada contact us?

8, buat desain anda profesional

tampilan website juga menjadi point penting dalam pertimbangan google adsense menerima website anda. dengan tampilan yang mudah di akses, tidak ada space yang sia-sia dalam website anda, tampilannya terstruktur rapih juga menjadi pertimbangan website anda di acc oleh google adsense.
trik untuk mendapatkan desain yang profesional lihat para blooger yang sudah sukses menggunakan program adsensenya.
amati, tiru, dan modifikasi agar website kalian juga tidak kalah bagus dari website para blogger sukses ini.

9, fokus pada satu niche

semakin fokus niche atau kategori website anda semakin besar kemungkinan google adsense akan menerima anda dalam program iklannya.
jangan jadikan website anda gado-gado, semua mau dibahas, atau kebanyakan kategori malah jadi kosong melompong.
lebih baik anda fokus pada satu topik pembahasan, lalu bila dirasa sudah cukup baru tambah ke topik yang lain.

10, buat navigasi website anda

navigasi website anda membantu pihak google untuk melihat secara keseluruhan website anda. buatlah navigasi website anda secara mudah dan tidak menyulitkan. navigasi membantu bukan hanya google adsense melihat website anda selanjutnya mempertimbangkan menerimanya. namun, pembaca blog anda juga akan sangat terbantu dengan navigasi itu.
sekedar catatan saja, google adsense juga memperhatikan website bukan demi kepentingan google adsense semata melainkan google adsense melihat bahwa apakah sebuah website akan banyak pengunjungnya atau tidak sehingga dengan navigasi yang baik google akan tahu apakah website ini akan ramai pengunjung atau tidak.

11, gunakan domain TLD

beli domain TLD seperti .com,.net,.id, dsb memang butuh biaya, selain itu juga kita harus membeli hosting sebagai tempat penyimpanannya. nah, dengan domain TLD website anda akan cepat diterima oleh adsense. google adsense mensyaratkan untuk akun housted seperti blogspot.com minimal 6 bulan setelah dibuat, cukup lama memakan waktu, sementara dengan domain TLD google cukup waktu 1 bulan, dan itu juga cukup lama untuk menerima blog dalam program adsense.

12, bersihkan dulu iklan yang ada

bisa jadi dalam website anda ada iklan-iklan yang sebelumnya anda pasang diwebsite anda dengan perjanjian atau anda menggunakan jasa periklanan lain selain google adsense. karna ada banyak jasa kerjasama periklanan sejenis selain google. nah hal ini akan menjadi pertimbangan untuk menolak website anda dikarenakan iklan-iklan tadi. singkirkan dulu sampai google adsense menerima baru masukkan kembali iklan-iklan selain google adsense.

13, pastikan blog punya pengunjung

gunakan google console dalam melihat pengunjung di dalam website anda. selain itu, lakukan promosi pada website anda melalui media sosial. aktif bergeraklah mempromosikan website anda agar ada pengunjung yang datang kedalam website anda.

sekian dulu sharing dari saya terkait persiapan sebleum mendaftarkan website atau blog anda di google adsense ya. jangan mudah menyerah, sebab anda akan menjadi seorang yang mendapatkan passive income.

About Imam Punarko 193 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*